ADVERTISEMENT

Sabtu, 09 Apr 2022 13:19 WIB

Heboh Omicron XE, Apakah Bakal Perlu Vaksin Booster Dosis Keempat?

Tasya Kania Azzahra - detikHealth
Coronavirus. COVID-19. 3D Render Foto: iStock
Topik Hangat Geger Omicron XE
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengawasi kemunculan beberapa varian Omicron yang merupakan rekombinan atau gabungan dari subvarian sebelumnya. Salah satu adalah Omicron XE yang sudah terdeteksi di beberapa negara.

Terkait hal tersebut, timbul pertanyaan apakah ini berarti ke depannya akan diperlukan vaksin booster dosis keempat?

Ahli virologi dari Universiti Sains Malaysia, dr Kumitaa Theva Das, menyebutkan kemungkinan vaksin booster dosis keempat tidak diperlukan untuk menghadapi Omicron XE secara spesifik. Menurutnya protokol kesehatan seperti, menjaga jarak, berada di ruangan dengan ventilasi yang baik, dan selalu menjaga kebersihan dapat membantu mengendalikan penyebaran varian XE.

Untuk mencegah varian XE, Kumitaa lebih menyarankan otoritas kesehatan menyediakan tes COVID-19 untuk pelaku perjalanan dan memastikan status vaksinasinya. Ini karena dapat melindungi orang-orang yang berada di penerbangan atau negara yang dituju.

"Selama kita mempertahankan sistem pengawasan yang kuat, kita dapat mengidentifikasi kasus untuk memungkinkan perawatan atau isolasi tepat waktu dan mengurangi risiko COVID-19," katanya seperti dikutip dari The Star, Sabtu (9/4/2022).

Ia juga mengingatkan jenis masker yang aman untuk melawan varian XE adalah masker N95, KN95, dan KF94 yang sebelumnya direkomendasikan untuk melawan Omicron.



Simak Video "Satgas Pastikan Varian Omicron XE Belum Ditemukan di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)
Topik Hangat Geger Omicron XE

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT