ADVERTISEMENT

Senin, 25 Apr 2022 10:30 WIB

Baru Lagi! Daftar Negara yang Laporkan Kasus Varian XE, Ada RI?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Omicron adalah varian baru virus Corona. Virus ini pertama kali terdeteksi di Afrika. Daftar negara laporkan varian XE. (Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7)
Topik Hangat Geger Omicron XE
Jakarta -

Varian 'XE' yang merupakan rekombinasi dari subvarian Omicron BA.1 dan BA.2 kembali terdeteksi. Baru-baru ini, Selandia Baru melaporkan kasus pertamanya.

Diketahui, varian 'XE' merupakan strain yang lebih kuat dari varian-varian Corona sebelumnya. Dikutip dari The New Straits Times, dalam Weekly Epidemiological Update COVID-19, WHO menyebut varian ini 10 persen lebih menular dibandingkan subvarian Omicron BA.2.

"Perkiraan awal menunjukkan varian baru ini 10 persen lebih menular dibandingkan BA.2. Namun bagaimana pun, temuan ini masih memerlukan konfirmasi lebih lanjut," beber WHO dalam laporannya yang dikutip dari The New Straits Times.

Sampai saat ini, sudah ada beberapa negara yang mengkonfirmasi adanya kasus varian 'XE', berikut daftarnya:

Inggris

Badan Kesehatan Inggris mengataka varian 'XE' pertama kali teridentifikasi pada 19 Januari 2022 sebanyak 637 kasus.

"Varian tersebut merupakan campuran genetik yang terbentuk selama masa replikasi dan membentuk varian baru," ungkap para pakar dalam British Medical Journal.

Thailand

Thailand juga telah melaporkan kasus pertama varian XE pada Sabtu (2/4/2022) lalu. Ini dilaporkan oleh Ketua Komisi Kesehatan Masyarakat Chalermachai Boonyaleephan, dari hasil laporan Pusat Genomik Medis Rumah Sakit Ramathibodi. Pasien Omicron 'XE' dilaporkan hanya mengalami gejala ringan dan kondisinya terus membaik.

Namun, Chalermachai memperkirakan varian tersebut akan menyebar dengan cepat ke seluruh penjuru Thailand. Hal itu membuat pihaknya terus memantau varian XE, mulai dari tingkat keparahan, resistensinya terhadap vaksin, dan kemungkinan varian tersebut akan mendominasi di Thailand.

"Jika virus ini menyebar lebih cepat dari BA.2, kasus COVID-19 di Thailand pada gelombang keempat akan memakan waktu lebih lama untuk mencapai puncak kasus," ungkap Chalermchai dikutip dari Inquirer.

Australia

Kasus varian XE juga telah ditemukan Australia, tepatnya di wilayah New South Wales (NSW). Otoritas kesehatan setempat mengatakan varian itu terdeteksi pada seorang pendatang dari luar negeri yang tiba beberapa waktu lalu.

"Ini adalah kasus XE pertama yang diidentifikasi di NSW dan diidentifikasi pada pelancong yang baru saja kembali," kata NSW Health dalam laporan yang dikutip dari 9News, Jumat (15/4/2022).

"Sekuens BA.1/BA.2 rekombinan lain sebelumnya telah diidentifikasi tetapi bukan dari garis keturunan XE," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Heboh Varian Baru XE, WHO Sebut Lebih Menular Dibanding Omicron BA.2"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Geger Omicron XE

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT