ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Jun 2022 14:30 WIB

Calon Bintara yang Gagal Disebut Pernah Terapi, Buta Warna Bisa Sembuh?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Looking through glasses to black and white tulips focused in womens glasses. Color blindness. World perception during depression. Medical condition. Health and disease concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/Maria Vonotna
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR RI Hillary Brigitta Lasut menyebut Fahri Fadillah Nur Rizky (21), calon bintara Polri yang gagal karena buta warna parsial, pernah menjalani terapi buta warna di Yogyakarta. Hal tersebut diketahui langsung dari instagramnya.

"Terkait dengan tidak lulus karena buta warna di tahun sebelumnya, Fahri mampu membuktikan bahwa ia menjalani terapi buta warna di area Yogyakarta yang reviewnya di Google saja sangat bagus, dan banyak yang setelah terapi terbukti lolos menjadi anggota TNI dan Polri bahkan "alumni" tempat terapi buta warna tersebut ada yang menjadi penembak jitu," ujar Hillary dilihat dari akun Instagramnya, Kamis (1/6/2022).

Terkait hal tersebut, dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) Cinere, dr Zeiras Eka Djamal, SpM, menjelaskan bahwa sampai saat ini masih belum ada pengobatan buta warna dan penelitiannya masih tengah berlangsung sampai sekarang.

"Pada prinsipnya saat ini tidak ada (pengobatan/terapi) namun memang penelitiannya masih berjalan," ucapnya saat dihubungi detikcom, Senin (1/6/2022).

Meskipun demikian, pengidap buta warna bisa dibantu dengan beberapa kacamata yang dikembangkan untuk membedakan warna walaupun tidak sempurna.

"Saat ini ada beberapa kacamata yang dikembangkan dan dikatakan bisa membantu seseorang untuk membedakan warna walaupun tidak sempurna. buta warna ada parsial dan ada yang total," lanjutnya.

Ia berharap semoga ke depannya akan ada pengobatan atau terapi yang bisa membantu menyembuhkan buta warna.

"Sampai saat ini demikian realitasnya. Semoga kedepannya, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, bisa ditemukan obat/terapinya," sambungnya lagi.

Simak Video 'Klarifikasi Polisi soal Viral Curhatan Calon Bintara Gagal karena 'Ditukar'':

[Gambas:Video 20detik]



(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT