ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Jun 2022 20:00 WIB

Tak Berhenti Saat Lampu Merah, Mungkinkah Buta Warna? Ini Kata Dokter Mata

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Sejumlah petugas Dinas Perhubungan tengah melakukan perbaikan dan perawatan lampu lalu lintas di kawasan Sarinah, Jakarta. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Buta warna parsial merupakan kondisi seseorang yang tidak mampu membedakan warna tertentu, misalnya merah-hijau atau biru-kuning. Lantas, bisakah membedakan warna lampu lalu lintas atau traffic light?

Dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) Cinere, dr Zeiras Eka Djamal, SpM, menyebut seseorang yang mengidap buta warna bisa saja salah mengenali lampu merah.

"Kalau memang dia ada gangguan buta warna, bisa saja dia salah mengenali traffic light," katanya saat dihubungi detikcom, Rabu (1/6/2022).

Namun, tak semua pengidap buta warna seperti itu. Pasalnya, kondisi buta warna itu sendiri memiliki banyak jenisnya. Ada yang didiagnosa buta warna parsial namun masih bisa mengenali warna lampu lalu lintas, ada juga yang kebingungan mengenali warna bercampur namun bisa mengenali warna yang berdiri sendiri. Itu sebabnya beberapa hal seperti bikin sim diperlukan tes buta warna sebagai persyaratan berkendara.

"Disisi lain, buta warna itu ada variasinya juga. Ada yg didiagnosa buta warna parsial namun msh bisa mengenali warna lampu lalu lintas. Ada juga kebingungan mengenali warna yg bercampur namun bisa mengenali warna yg berdiri sendiri," sambungnya.

"Secara prinsip, kalau mereka tidak memenuhi persyaratan tentu mereka tidak bisa mendapatkan SIM (Surat Izin Mengemudi)," kata dr Zeiras.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT