Dokter Mata: Buta Warna Parsial Paling Banyak karena Faktor Genetik

ADVERTISEMENT

Dokter Mata: Buta Warna Parsial Paling Banyak karena Faktor Genetik

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 01 Jun 2022 17:07 WIB
Looking through glasses to black and white tulips focused in womens glasses. Color blindness. World perception during depression. Medical condition. Health and disease concept.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Maria Vonotna
Jakarta -

Buta warna parsial atau defisiensi penglihatan merupakan ketidakmampuan mata dalam membedakan corak warna. Buta warna parsial bukan berarti tidak bisa melihat warna sama sekali, melainkan hanya terbatas pada warna-warna tertentu, misalnya merah-hijau atau biru-kuning.

Penglihatan buta warna parsial kemungkinan besar terjadi akibat kurangnya pigmen warna dalam mata, sehingga ada beberapa jenis warna yang tidak mampu ditangkap oleh mata.

Kondisi ini umumnya dialami oleh sejumlah orang, salah satunya seorang pegawai swasta pria berinisial KZ (22) tahun. Pria tersebut mengaku mengidap buta warna parsial semenjak lahir dan baru menyadari pada saat duduk di bangku TK.

Awalnya ia diberikan berupa tes buta warna ishihara oleh om dan eyangnya yang mengidap buta warna parsial red-green deficiency atau sulit melihat warna hijau atau merah.

Setelah tes buta warna diberikan kepada pria KZ, ia pun mengaku tak bisa menjawab lantaran tak bisa membedakan warna, dan akhirnya memutuskan tes kesehatan saat masuk kuliah. Berdasarkan hasil, dokter mengungkapkan bahwa dirinya mengidap buta warna yang sama seperti eyang maupun omnya, yaitu sulit melihat warna hijau atau merah.

Berkaca dari peristiwa tersebut, dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) Cinere, dr Zeiras Eka Djamal, SpM, mengungkapkan hal tersebut bisa terjadi karena faktor genetik. Pasalnya, penyebab dari buta warna sendiri mayoritas paling banyak adalah faktor genetik atau bawaan dari lahir.

"Mayoritas faktor genetik/bawaan dari lahir," tuturnya saat dihubungi oleh detikcom, Rabu (1/6/2022).

NEXT: Belum ada terapi untuk menyembuhkan buta warna parsial.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT