ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Jun 2022 05:00 WIB

Round Up

Tak Segampang Itu Mengakali Tes Buta Warna, Dokter Tahu Ada yang Menghafal

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi buta warna Buta warna parsial bikin pengidapnya kalah melulu saat main Among Us (Foto: Diolah)
Jakarta -

Dokter mata mengakui, tes ishihara untuk mendeteksi buta warna bisa saja dihafalkan sehingga hasilnya tidak akurat. Tapi tunggu dulu, kecurangan seperti ini tetap bisa diantisipasi.

"Pada prinsipnya, seseorang yg buta warna akan kesulitan untuk lolos tes buta warnanya, karena dia memang tidak bisa melihat warna yang ditampilkan dites tersebut," kata dr Zeiras Eka Djamal, SpM dari Jakarta Eye Center (JEC) Cinere, Rabu (1/6/2022).

Menurut dr Zeiras, tes buta warna atau disebut juga tes ishihara menggunakan sejumlah pola warna dengan angka tertentu yang tersembunyi di dalamnya. Karena polanya sudah tertentu, bisa saja seseorang menghafalkannya demi mendapatkan hasil pemeriksaan sesuai yang diinginkan.

"Orang yang diperiksa bisa saja menghafalkan setiap angka dalam halaman-halaman tersebut. Selain menghafalkan halaman, mungkin juga dia masih bisa melihat pola gradasi setiap halaman walaupun dia tidak bisa mengenali warnanya," jelas dr Zeiras.

Blue sama purple mirip banget banget. Kalau misalnya saya melihat orang masuk vent di game Among Us, saya tidak tahu apakah itu biru ataupun ungu. Jadi, kalau sudah begini, biasanya saya pasrah saja bermain sampai nunggu mati,KZ - pengidap buta warna parsial Red-Green.

Meski demikian, bukan berarti dokter tidak bisa mengantisipasi. Umumnya, dokter atau petugas yang memeriksa bisa mengacak urutan pola sehingga urutannya tidak sesuai dengan hafalan.

"Jadi pemeriksaannya tidak urut dari halaman 1-24 tapi dengan mengacaknya contoh: mulai dari halaman 5, kemudian 10, 3 dan seterusnya," beber dr Zeiras.

NEXT: Buta warna parsial umumnya genetik, menyusahkan saat main game Among Us.

Simak Video 'Klarifikasi Polisi soal Viral Curhatan Calon Bintara Gagal karena 'Ditukar'':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT