ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Jun 2022 08:40 WIB

Dokter Mata: Belum Ada Terapi untuk Sembuhkan Buta Warna

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Looking through glasses to black and white tulips focused in womens glasses. Color blindness. World perception during depression. Medical condition. Health and disease concept. Dokter mata menyebut belum ada terapi untuk mengatasi buta warna (Foto: Getty Images/iStockphoto/Maria Vonotna)
Jakarta -

Buta warna parsial terjadi ketika retina mata gagal mengenali panjang gelombang warna tertentu. Dokter mata mengatakan, hingga kini belum ada terapi untuk mengatasinya.

"Pada prinsipnya saat ini tidak ada (pengobatan/terapi) namun memang penelitiannya masih berjalan," kata dr Zeiras Eka Djamal, SpM dari Jakarta Eye Center (JEC) Cinere, Senin (1/6/2022).

Menurut dr Zeiras, para ilmuwan saat ini tengahj mengembangkan kacamata khusus untuk mpengidap buta warna. Inovasi ini diharapkan bisa membantu mengatasi masalah penglihatan pada buta warna.

"Sampai saat ini demikian realitasnya. Semoga ke depannya, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, bisa ditemukan obat/terapinya," lanjut dr Zeiras.

Buta warna merupakan defisiensi penglihatan yang menyebabkan mata tidak mampu membedakan corak warna. Pada buta warna parsial, pengidap bukan tidak bisa melihat warna sama sekali melainkan hanya kesulitan membedakan warna tertentu.

"Mayoritas faktor genetik/bawaan dari lahir," jelas dr Zeiras.

Terkait kasus viral calon bintara Polri yang gagal mengikuti pendidikan, Anggota Komisi I DPR RI Hillary Brigitta Lasut menyebut pemuda bernama Fahri Fadillah Nur Rizky (21) tersebut sempat menjalani terapi buta warna terkenal di Yogyakarta. Beberapa pasien yang terapi di tempat itu konon ada yang kemudian menjadi penembak jitu.

"Terkait dengan tidak lulus karena buta warna di tahun sebelumnya, fahri mampu membuktikan bahwa ia menjalani terapi buta warna di area jogjakarta yang reviewnya di google saja sangat bagus, dan banyak yang setelah terapi terbukti lolos menjadi anggota tni dan polri bahkan "alumni"tempat terapi buta warna tersebut ada yang menjadi penembak jitu," tulisnya di Instagram.



Simak Video "Goes Bareng Mika Tambayong di Indonesia Heart Bike 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT