ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Jun 2022 11:47 WIB

Apakah Buta Warna Parsial Bisa Disembuhkan? Ini Faktanya Menurut Dokter Mata

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi buta warna Dua karakter di game Among Us ini tampak sama di mata pengidap buta warna parsial Red-Green (Foto: Diolah)
Jakarta -

Apakah buta warna parsial bisa disembuhkan? pengidap kondisi tersebut kesulitan untuk membedakan warna-warna tertentu, seperti misalnya warna merah-hijau atau biru kuning.

Kondisi ini kemungkinan besar terjadi akibat kurangnya pigmen warna dalam mata, sehingga ada beberapa jenis warna yang tidak mampu ditangkap oleh mata. Dikutip dari Colour Blind Awareness, buta warna dapat terjadi akibat penyakit tertentu, seperti diabetes, multiple sclerosis, genetik, hingga penggunaan obat-obatan.

Namun, menurut dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) Cinere, dr Zeiras Eka Djamal, SpM, dari beberapa penyebab tersebut mayoritas disebabkan oleh faktor genetik atau bawaan dari lahir.

"Mayoritas faktor genetik/bawaan dari lahir," tuturnya saat dihubungi oleh detikcom, Rabu (1/6/2022).

Berbicara tentang itu, apakah buta warna parsial bisa disembuhkan? Simak penjelasan dokter berikut ini.

Apakah buta warna parsial bisa disembuhkan?

dr Zeiras menjelaskan sampai saat ini masih belum ada pengobatan khusus untuk buta warna. Bahkan, penelitiannya masih berlangsung sampai sekarang.

"Pada prinsipnya saat ini tidak ada (pengobatan/terapi) namun memang penelitiannya masih berjalan," pungkasnya.

Meskipun demikian, pengidap buta warna umumnya bisa dibantu dengan beberapa kacamata yang dikembangkan untuk membedakan warna walaupun tidak sempurna.

"Saat ini ada beberapa kacamata yang dikembangkan dan dikatakan bisa membantu seseorang untuk membedakan warna walaupun tidak sempurna. buta warna ada parsial dan ada yang total," lanjutnya.

Di sisi lain, dr Zeiras berharap semoga ke depannya akan ada pengobatan atau terapi yang bisa membantu menyembuhkan buta warna. Begitu juga ia berpesan agar masyarakat tak mudah untuk termakan hoax terkait buta warna yang beredar di kalangan masyarakat.

"Sampai saat ini demikian realitasnya. Semoga kedepannya, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, bisa ditemukan obat/terapinya," sambungnya lagi.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang bertanya-tanya apakah buta warna parsial bisa disembuhkan? Sampai saat ini masih belum ada pengobatan maupun terapinya ya.



Simak Video "Kata Dokter Saraf soal Kaitan Flashlight ''Pengabdi Setan 2'' dengan Epilepsi"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT