Alert! Positivity Rate COVID-19 RI Sudah di Atas Standar WHO

ADVERTISEMENT

Round Up

Alert! Positivity Rate COVID-19 RI Sudah di Atas Standar WHO

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 14 Jul 2022 05:00 WIB
Sebanyak 17 murid SMAN 2 Bantul, DIY, terkonfirmasi positif COVID-19. Pihak sekolah pun menggelar swab massal kepada guru dan siswa.
COVID-19 (Foto: Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta -

Jumlah kasus harian COVID-19 Indonesia masih ngegas, sudah mendekati angka 4 ribu kasus pada Rabu (13/7/2022). Tren ini diikuti juga dengan kenaikan kasus aktif hingga lebih dari 23 ribu kasus.

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan, jumlah kasus positif harian mengalami peningkatan hingga 6 kali lipat dibanding bulan lalu. Sementara itu, kasus aktif harian sudah naik hingga 4 kali liat.

"Adanya kenaikan kasus positif dan kasus aktif perlu kita waspadai karena artinya tingkat penularan di tengah masyarakat mulai kembali meningkat," jelas Prof Wiku dalam siaran pers, Rabu (13/7/2022).

Tren kenaikan juga terjadi pada positivity rate mingguan. Jika bulan lalu angkanya masih berada di 3,71 persen, pada pekan kedua Juli sudah naik menjadi 5,12 persen.

"Di mana angka tersebut sudah melewati standard WHO yakni 5 persen," tegas Prof Wiku.

Hal lain yang juga disorot adalah kontribusi kasus positif maupun kasus aktif hingga saat ini masih didominasi wilayah Jawa-Bali. Sebanyak 95,45 dari total kasus positif berasal dari wilayah tersebut.

Untuk diingat, berbagai prediksi menyebut puncak gelombang BA.4 dan BA.5 akan tercapai pada pertengahan hingga akhir Juli 2022. Jumlah kasus harian pada periode tersebut diprediksi bisa mencapai 18-20 kasus.

NEXT: Kapan sih terakhir kali kasus harian mencapai 20 ribu?



Simak Video "Seputar Virus Covid-19 yang Diyakini Buatan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT