ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Jul 2022 08:07 WIB

Eks Petinggi WHO Ungkap Risiko Penularan Cacar Monyet pada Heteroseks

Vidya Pinandhita - detikHealth
Apa Itu Cacar Monyet, Kini Ditetapkan Jadi Darurat Kesehatan Global Foto: Getty Images/iStockphoto/kontekbrothers
Jakarta -

Cacar monyet kini diterpa merebaknya cacar monyet. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

Salah satu informasi yang beredar, kasus cacar monyet terkonsentrasi pada kelompok pria yang melakukan seks dengan sesama pria atau bergonta-ganti pasangan. Namun pada dasarnya, penyakit ini menular lewat kontak dekat sehingga virus cacar monyet bisa menular pada siapa pun tak bergantung orientasi seksual.

Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara sekaligus mantan Dirjen Pengendalian Penyakit di Kementerian Kesehatan RI, Prof Tjandra Yoga Aditama, menjelaskan memang benar kebanyakan kasus cacar monyet yang mewabah kini terjadi pada pria yang melakukan seks dengan sesama pria. Namun hingga kini, belum ada penjelasan penyebab dari temuan dominasi kasus tersebut.

"Memang yang sekarang nampaknya wabah bermula dari men sex with men dan multiple partner. Jadi karena bermula di.kelompok itu maka banyak. Kasus di sana, tapi yang lain juga bisa terkena," terangnya pada detikcom, Selasa (26/7/2022) malam.

Lantaran pada dasarnya cacar monyet menular lewat kontak dekat, orang yang melakukan seks dengan lawan jenis kelamin pun memiliki risiko yang sama terkait penularan cacar monyet.

"Monkeypox (cacar monyet) belum bisa dikatakan menular secara seksual, tapi karena pada hubungan seks ada kontak antarkulit maka jadi tertular," sambung Prof Tjandra.

Hal tersebut sejalan dengan riset yang dipublikasikan oleh New England Journal of Medicine pada Kamis (21/7). Disebutkan, 95 persen penularan virus cacar monyet terjadi melalui aktivitas seksual. Akan tetapi, riset tersebut tidak menyebut bahwa penularan secara eksklusif hanya terjadi di antara pria yang berhubungan seks dengan sesama pria.

Diketahui, lonjakan kasus cacar monyet telah dilaporkan sejak Mei 2022 di luar negara Afrika Barat dan Afrika Tengah. Sebelumnya di kedua wilayah tersebut, cacar monyet merupakan penyakit endemik. Prof Tjandra menjelaskan, cacar monyet mulanya menular dari hewan ke manusia, namun kemudian berkembang menjadi penularan antarmanusia secara umum.



Simak Video "Bagaimana Penularan Cacar Monyet?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT