Heboh Emak-emak Pakai Inhalasi Hidrogen, Bisa Picu Paru-paru Basah?

ADVERTISEMENT

Heboh Emak-emak Pakai Inhalasi Hidrogen, Bisa Picu Paru-paru Basah?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Senin, 05 Sep 2022 16:07 WIB
Viral inhalasi hidrogen
Emak-emak berkumpul menggunakan inhalasi hidrogen. Foto: Tangkapan Layar TikTok
Jakarta -

Viral sebuah video memperlihatkan emak-emak berkumpul sambil menggunakan alat terapi inhalasi hidrogen. Alat tersebut sontak membuat netizen terheran-heran. Beberapa netizen juga berspekulasi alat terapi inhalasi hidrogen dapat memicu kondisi paru-paru basah.

Mengomentari hal ini, Dokter spesialis paru dr Erlang Samoedro, SpP, FISR, dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyatakan inhalasi hidrogen tidak menyebabkan kondisi paru-paru basah. Ia menegaskan tidak ada kaitan antara paru-paru basah dan inhalasi hidrogen.

"Sekali lagi tidak ada hubungannya, karena beda penyebab, kan paru-paru basah itu penyakit seperti TBC (tuberkulosis) gitu. Itu kan infeksi jadi tidak ada risiko kesana karena berbeda lagi ini," ujarnya dihubungi detikcom, Senin (5/9/2022).

Menurut dr Erlang, alat terapi inhalasi hidrogen aman digunakan namun tidak disarankan untuk dipakai secara bergantian.

"Sebetulnya aman, cuma saya rasa perlu ada pemantauan petugas kesehatan, jadi ada standar ukuran dan penggunaan. Ya walaupun ini teruji aman kan," ungkapnya.

"Sebaiknya tidak digunakan bergantian, karena ini kan selangnya lagi zaman Covid begini takutnya tertular," sambungnya.

dr Erlang menambahkan alat terapi inhalasi hidrogen sebaiknya tidak digunakan terlalu lama karena dikhawatirkan berisiko menggeser asupan oksigen. Selain itu, terapi ini hanya sebatas agen terapi tambahan tidak sebagai pengobatan utama.

"Catatan ini sebagai agen terapi tambahan saja, tidak menggeser terapi atau pengobatan utama pasien paru-paru atau peradangan misalnya. Karena ini kan cuma antioksidan saja," pungkasnya.

Dalam jurnal National Library of Medicine, inhalasi gas hidrogen adalah metode terapi langsung yang cocok untuk pertahanan melawan stres oksidatif akut. Hanya saja untuk pengobatan lainnya, belum banyak jurnal ilmiah atau penelitian lain yang membahas manfaatnya.



Simak Video "Dokter Spesialis Paru Bicara soal Viral Emak-emak Inhalasi Hidrogen"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT