ADVERTISEMENT

Minggu, 11 Sep 2022 20:00 WIB

5 Makanan untuk Membersihkan Gigi, Cegah Nyeri dan Bau Mulut

Fadilla Namira - detikHealth
Ilustrasi perawatan gigi ke dokter gigi Makanan untuk membersihkan gigi (Foto: Getty Images/iStockphoto/PIKSEL)
Jakarta -

Hingga kini kita sering mendengar kiasan "lebih baik sakit gigi daripada sakit hati". Namun, sebenarnya sakit gigi jauh lebih menderita dan memakan korban yang tidak sedikit akibat kurangnya kesadaran menjaga kebersihan rongga mulut. Untuk itu, penting bagi masyarakat mengonsumsi makanan untuk membersihkan gigi.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, menyatakan bahwa 57,6 persen penduduk Indonesia mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut. Dengan proporsi terbesar adalah gigi rusak, berlubang, dan sakit sebesar 45,3 persen dan gusi bengkak dan/atau keluar bisul (abses) sebesar 14 persen.

Kebersihan rongga mulut yang buruk bisa menumpuk banyak kuman dan bakteri sehingga menimbulkan banyak penyakit. Apalagi, masa pandemi seperti sekarang memberikan risiko penularan COVID-19 yang tinggi melalui saliva dan area mulut. Untuk meminimalisir hal tersebut, cegahlah dengan mengonsumsi pola makan yang sehat dan rajin menyikat gigi dua kali sehari.

Makanan Untuk Membersihkan Gigi

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang tidak usah diragukan lagi khasiatnya. Selain berdampak baik untuk rambut dan kulit, ia dipercaya menjaga kesehatan gigi selama ribuan tahun. Kandungan antimikrobanya menjadikan ia sebagai bahan utama membersihkan dan memutihkan gigi, mengurangi halitosis (bau mulut), dan meningkatkan kesehatan gusi pada pengobatan Ayurveda.

Selain itu, pada jurnal tahun 2017, menemukan efek saponifikasi di minyak kelapa. Efek saponifikasi berguna untuk mengurangi adhesi bakteri dan plak pada gigi.

2. Teh

Teh merupakan bahan alami yang mengandung zat antioksidan bernama polifenol, terutama teh hijau dan teh hitam. Polifenol dapat menghilangkan plak dengan membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri. Secangkir teh juga bisa menjadi sumber fluoride tergantung pada jenis air yang digunakan.

3. Produk Susu

Produk susu seperti keju, yogurt, dan mentega membantu mengembalikan mineral yang hilang pada gigi. Kandungan kalsium yang tinggi pada susu juga membantu membangun dan menguatkan email (lapisan terluar) gigi sehingga tidak mudah keropos ataupun berlubang.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT