Senin, 31 Des 2018 06:54 WIB

Resolusi Sehat 2019

Ingin Langsing di 2019? Ini 12 Tips Diet untuk Dilakukan Sepanjang Tahun

Ayunda Septiani - detikHealth
Menurunkan berat badan termasuk salah satu resolusi sehat paling populer untuk 2019 (Foto: iStock) Menurunkan berat badan termasuk salah satu resolusi sehat paling populer untuk 2019 (Foto: iStock)
Topik Hangat Resolusi Sehat 2019
Jakarta - Siapa sih yang nggak ingin punya badan bagus? Menurunkan berat badan adalah satu keinginan yang ingin dicapai seseorang, banyak yang memasukkannya ke dalam resolusi untuk tahun depan.

Banyak kegiatan yang membuat kamu sibuk dari hari ke hari, sehingga jarang untuk fokus menurunkan berat badan.

Berikut ini, detikHealth merangkum bagaimana langkah-langkah agar kamu bisa menurunkan berat badan di tahun 2019.


JANUARI
Pada bulan Januari, kamu bisa menggunakan wear a fitness tracker (arloji Kesehatan). Alat ini bisa melacak beberapa tanda vital yang terjadi pada diri kamu, seperti merekam jantung, siklus tidur, dan tingkat aktifitas fisik.

Benda yang berbentuk jam tangan ini bisa digunakan untuk menganalisis data kesehatan. Misalnya, menilai efektivitas latihan anda dan tidur malam yang lebih baik.

FEBRUARI
Pada bulan Februari, kamu bisa melakukan banyak latihan berat badan. Latihan ini membutuhkan lebih banyak tenanga, karena akan membentuk otot-otot kamu seperti melakukan, push-up, sit-up, squat jump, jumping jack.

MARET
Untuk bulan Maret, kamu bisa meminum lebih banyak air putih. Disarankan menimun air putih 1 atau 2 gelas sebelum makan, karena itu akan merasa cepat kenyang. Dan menghasilkan kalori lebih sedikit.

APRIL
Pada bulan April, kamu bisa mengurangi mengonsumsi karbohidrat dan mengurangi konsumsi gula. Mengurangi karbohidrat dan banyak mengonsumsi sayuran, Banyak mengonsumsi makanan yang berserat sangat cocok untuk kadar insulin tetap rendah.

MEI
Bulan Mei, perbanyak protein dalam konsumsi sehari-hari kamu. Karena, protein membakar lebih bayak kalori yang dicerna daripada makronutrien lainnya. Seperti mengonsumsi, kacang almond, gandum dan daging sapi.

JUNI
Saat bulan Juni, lakukan HIIT (High intetensity interval training), atau latihan kardio. Latihan interval intensitas tinggi dapat membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang singkat.



JULI
Di bulan Juli, kamu bisa berlatih napas yang dilakukan beberapa menit setiap harinya. Berfungsi untuk mengurangi tingkat stres dan memperlambat jantung kamu, dan kamu akan merasa tenang dari hari-kehari.

AGUSTUS
Agustus, makan secukupnya. Mengambil porsi makan yang cukup bisa menghemat ratusan kalori yang masuk kedalam tubuh kamu, dan jangan mengambil porsi terlalu banyak, apalagi kamu tidak menghabiskannya.

SEPTEMBER
September, tetapkan jam tidur yang sehat. Kekurangan tidur bisa membuat kamu tidak fokus keesokan harinya, tidur selama 7 jam akan mengurangi stres dan menghilangkan nafsu makan pada malam hari.

OKTOBER
Oktober, ubah tempo gerakan olahraga kamu. Mengubah tempo dari gerakan dari slow ke fast, jika tadinya kamu melakukannya 3-4 detik dalam satu gerakan maka tingkatkanlah menjadi 1-2 detik.

NOVEMBER
November, makan lebih banyak serat. Sebagian dari kita hanya mendapatkan 15 gram serat per harinya. Saat mengonsumsinya dengan sedkit kalori, akan mempermudah untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal.

Cobalah mengonsumsi serat 30 gram sehari, makanan yang berserat tinggi ini bisa kamu coba dengan mudah dalam waktu satu minggu dan seterusnya.

DESEMBER
Desember, olahraga dengan teman baik. Berolahraga dengan teman baik adalah satu hal yang asik untuk dicoba, jika kamu melakukannya sendirian makan tidak terlalu menimbulkan semangat yang berlebih.

(up/up)
Topik Hangat Resolusi Sehat 2019
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya