Minggu, 07 Apr 2019 17:24 WIB

Lagi Diet Karbo, Boleh Makan Gorengan Nggak?

Roshma Widiyani - detikHealth
Lagi diet karbo, gorengan yes or no? Foto: Instagram Lagi diet karbo, gorengan yes or no? Foto: Instagram
Jakarta - Diet karbo dilakukan dengan menekan konsumsi karbohidrat dan mengganti dengan sumber energi lainnya. Namun, bukan hal mudah melakukan pengaturan konsumsi karbohidrat dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut dokter ahli penyakit dalam dan obesitas Eric C Westman, gorengan dan fast food sebetulnya masih bisa dimakan saat diet karbo. Westman merujuk pada kehidupan di Amerika yang sangat mudah mengakses berbagai jenis hidangan siap saji. Hidangan tersebut mungkin telah menjadi bagian dari asupan sehari-hari masyarakat umum.

"Gorengan dan fast food masih bisa dimakan saat diet karbo. Namun harus kembali ingat saat itu sedang berusaha menekan konsumsi karbohidrat. Artinya harus ada pengaturan supaya asupan karbohidrat tidak terlalu banyak yang diganti dengan lemak dan protein," kata Westman.


Salah satu bentuk pengaturan konsumsi karbo yang disarankan Westman adalah diet keto dengan jumlah konsumsi karbohidrat 20 gram tiap hari. Bila memungkinkan, konsumsi karbohidrat bisa ditekan hingga 10 gram per hari. Hal ini memancing tubuh menggunakan cadangan energi protein dan lemak yang juga menghasilkan zat keto. Menurut Westman, keto yang dihasilkan dari diet tidak sampai membahayakan tubuh.

Westman mengatakan, pengaturan jumlah konsumsi karbohidrat tak harus mengakibatkan stres dan susah makan. Berbagai jenis makanan siap saji dan mengandung pemanis buatan masih bisa dikonsumsi setiap hari. Namun jumlah konsumsi tak boleh melebihi kebutuhan tubuh yang berisiko merusak kesehatan dan bikit diet berantakan.

Punya pendapat berbeda soal boleh-tidaknya makan gorengan saat lagi diet karbo? Tuliskan di komentar!

(up/up)