Selasa, 09 Apr 2019 19:00 WIB

Round up

4 Poin Penting Buat Kamu yang Mau Cobain Diet Keto

Roshma Widiyani - detikHealth
Diet keto perlu adaptasi 3-14 hari pada tubuh yang terbiasa mengonsumsi karbohidrat. Foto: iStock Diet keto perlu adaptasi 3-14 hari pada tubuh yang terbiasa mengonsumsi karbohidrat. Foto: iStock
Jakarta - Pengaturan makan diet keto diterapkan dengan memangkas konsumsi karbohidrat seminimal mungkin. Dengan pola ini, tubuh perlahan terbiasa menggunakan cadangan energi dari protein dan lemak. Pelaksanaan diet keto biasanya memerlukan waktu adaptasi 3-14 hari pada tubuh yang terbiasa mengonsumsi karbohidrat.

Menurut dokter ahli obesitas dan penyakit dalam Eric C Westman, pelaksanaan diet keto tak perlu mengakibatkan stres meski mengontrol ketat porsi makan. Karena, diet ini sebetulnya tidak punya pantangan asal masih dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh. Berikut 4 poin penting buat kamu yang mau coba diet keto

1. Masih boleh makan nasi

Westman mengatakan konsumsi nasi dalam diet keto bukan pantang atau harus dihindari. Nasi masih bisa dikonsumsi asal sesuai kebutuhan tubuh, tidak terlalu banyak, dan dibarengi kecukupan protein dan lemak.

"Ada sebagian pasien saya yang baik-baik saja meski tidak lagi mengonsumsi nasi. Sebagian lagi masih makan nasi dengan pertimbangan kondisi badan, usia, dan aktivitas fisik. Porsi makan nasi mereka yang diet dengan tujuan mencegah atau mengobati penyakit tentu beda. Selain itu, porsi nasi mereka yang usianya lebih muda tentu berbeda dengan yang tua," kata Westman.


2. Awali dengan kecukupan informasi dan pendampingan ahli

Westman menyarankan mengawali diet keto dengan cukup informasi seputar pengaturan makan. Bila perlu bisa didampingi dokter atau ahli diet untuk hasil yang lebih baik. Diet keto biasanya menyaratkan konsumsi kabohidrat hanya 10 persen dari total asupan yang setara 20-50 gram per hari.

"Dokter yang akan menentukan seberapa banyak kita bisa mengonsumsi karbohidrat, lemak, dan protein. Sebetulnya nggak perlu dibuat ribet dengan porsi asal tidak terlalu banyak dan sesuai kebutuhan tubuh," kata Westman.


3. Fokus pada real food bukan suplemen atau makanan olahan

Diet keto, sama seperti pengaturan makan lain, mewajibkan pelakunya memilih bahan makanan berkualitas baik. Asupan sebaiknya berasal dari bahan segar bukan olahan apalagi makanan instan. Westman juga menilai diet keto tak perlu dibarengi dengan konsumsi aneka suplemen.

"Di Amerika kita lihat banyak sekali suplemen makanan. Menurut saya konsumsi suplemen tidak akan berpengaruh banyak pada pelaksanaan diet keto. Sebaiknya fokus pada real food yang jelas berdampak baik pada kesehatan.


4. Nggak perlu takut nggliyeng

Nggliyeng atau pusing sebentar di masa awal pelaksanaan diet keto tak perlu dianggap serius. Reaksi tersebut biasanya terjadi pada masa adaptasi selama 3-14 hari. Saat itu tubuh belum terbiasa memecah cadangan energi yang berasal dari protein dan lemak.

Reaksi pusing akan hilang sendiri seiring pelaksanaan diet keto. Menurut praktisi diet keto dr Piprim Basarah Yanuarso SpA (K), rasa nggliyeng bisa diatasi dengan konsumsi cukup air putih dan keseimbangan nutrisi. Rasio asupan diet keto terdiri atas 70 persen lemak, 20 persen protein, dan 10 persen karbohidrat.

(up/up)