Selasa, 09 Apr 2019 06:29 WIB

Aturan Baku Diet Keto yang Perlu Diketahui Pemula Saat Ingin Mencoba

Roshma Widiyani - detikHealth
Aturan diet keto yang harus dipahami para pemula. Foto: Istock Aturan diet keto yang harus dipahami para pemula. Foto: Istock
Jakarta - Inti diet keto adalah pengaturan menu karbohidrat dengan jumlah minimal, yang dibarengi kecukupan konsumsi lemak dan protein. Pengaturan porsi menu diet keto bergantung pada kondisi tubuh tiap orang, yang perlu kebutuhan nutrisi berbeda. Meski begitu, ada aturan umum terkait porsi makan bagi yang ingin mencoba diet keto.

"Konsumsi setiap hari terdiri atas 70 persen lemak, 20 persen protein, dan 10 persen karbohidrat yang kurang dari 50 gram. Aturan juga memuat jenis asupan yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari," kata praktisi diet keto dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K).


Jenis asupan terdiri atas sayur dengan jumlah konsumsi 10-15 gram. Asupan lain adalah makanan yang mengandung protein, buah, kacang-kacangan, dan sumber lain untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian sebesar 5-10 gram.

Meski menetapkan aturan makan, diet keto tak perlu menyebakan stres karena menghitung porsi asupan tiap hari. Menurut dokter ahli obesitas dan penyakit dalam Eric C Westman, tidak ada pantangan tertentu dalam diet keto. Diet yang mengutamakan konsumsi lemak dan protein ini membolehkan konsumsi ikan, daging, susu, dan berbagai produk turunannya.

Namun diet keto mewajibkan pelakunya lebih bijak dalam memilih sumber makanan. Misal tidak lagi mengutamakan nasi, gorengan, atau hidangan cepat saji sebagai sumber karbohidrat. Kebutuhan ini bisa diperoleh dari buah, sayur, dan real food lain yang mengandung karbohidrat. Untuk buah yang mengandung gula, Westman menyarankan kontrol dengan tidak terlalu banyak makan asupan lain yang bergula tinggi.

Westman mengatakan, berbagai riset telah membuktikan manfaat diet keto bagi kesehatan. Diet yang membantu tubuh menggunakan cadangan energi membantu mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan. Hasilnya berat badan tidak mudah naik yang sekaligus menekan risiko diabetes dan penyakit lainnya.

(up/up)