Senin, 08 Apr 2019 07:33 WIB

Mau Coba Diet Karbo? Kenali Dulu Jenis dan Aturannya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi diet karbo. Foto: iStock Ilustrasi diet karbo. Foto: iStock
Jakarta - Diet karbo dimaksudkan untuk mengatur jumlah asupan karbohidrat setiap hari sesuai kebutuhan tubuh. Pengaturan yang tepat memungkinkan tubuh menggunakan cadangan energi lain dalam tubuh yang berasal dari lemak dan protein sehingga tak hanya bergantung pada karbohidrat.

American Diabetes Association (ADA) menggolongan 4 tipe diet berdasar jumlah konsumsi karbo setiap hari.

1. Diet tinggi karbo
Pertama adalah diet tinggi karbo dengan jumlah asupan 45 persen dari total energi per hari. Tipe ini banyak dilakukan masyarakat umum yang berujung peningkatan berat badan.

2. Diet karbo moderat
Selanjutnya adalah moderate dengan total asupan karbohidrat mencapai 26-45 persen dari asupan per hari.

3. Diet rendah karbo
Kemudian, ada diet rendah karbo dengan total asupan karbohidrat kurang dari 26 persen yang setara tak lebih dari 130 gram per hari.

4. Diet keto
Jenis lain adalah diet keto dengan jumlah asupan karbohidrat sangat rendah sekitar 20-50 gram per hari atau kurang dari 10 persen.

"Diet keto dengan konsumsi karbohidrat sangat rendah memberi hasil paling signifikan dibanding moderate dan low carb. Semua jenis diet rendah lemak sebetulnya berefek baik namun hanya diet keto yang dampaknya besar pada kesehatan tubuh," kata dokter ahli penyakit dalam dan obesitas Eric C Westman.



Bagi yang hendak mencoba diet karbo, Westman menyarankan tak perlu stres dengan menghitung asupan tiap hari. Berbagai jenis makanan masih bisa dikonsumsi asal tetap berkomitmen tidak makan lebih dari asupan yang diperlukan tubuh. Pengaturan konsumsi karbohidrat mencegah terjadinya obesitas, diabetes, dan penyakit lain akibat kegemukan.

(up/up)
News Feed