Senin, 08 Apr 2019 08:40 WIB

Pemula Ingin Mencoba Diet Keto? Begini Caranya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Diet keto untuk pemula. Foto: iStock Diet keto untuk pemula. Foto: iStock
Jakarta - Diet keto adalah diet yang menekan konsumsi karbohidrat. Diet ini mulai banyak dikenal masyarakat. Seiring ketertarikan dan keinginan hidup sehat, muncul pertanyaan bagaimana memulai diet yang konsumsi karbohidratnya hanya 10 persen dari total asupan setiap hari.

Dokter ahli obesitas dan penyakit dalam Eric C Westman menyarankan mengawali diet keto dengan cukup informasi seputar pengaturan makan. Bila perlu bisa didampingi dokter atau ahli diet untuk hasil yang lebih baik.

"Yang penting dalam diet keto fokus pada real food bukan makanan olahan atau instan. Lalu pastikan kecukupan asupan lemak dan protein dengan sedikit karbohidrat. Nggak perlu dibuat ribet dengan porsi asal tidak terlalu banyak dan sesuai kebutuhan tubuh," kata Westman.



Westman menilai pelaksanaan diet keto tak perlu dibarengi konsumsi berbagai macam suplemen. Pusing singkat atau nggliyeng di penerapan awal diet keto sebetulnya hanya bentuk adaptasi tubuh, yang belum terbiasa menggunakan lemak dan protein. Kondisi ini akan hilang saat tubuh sudah beradaptasi tanpa perlu konsumsi suplemen.

Masa adaptasi diet keto biasanya selama 3-14 hari yang ditandai kondisi sering pusing. Di masa adaptasi ini, tubuh berusaha melepas ketergantungan pada karbohidrat sebagai sumber energi utama. Tubuh berusaha menggunakan cadangan energi yang terdiri atas protein dan lemak yang ada di tubuh.

(up/up)