Rabu, 22 Jul 2020 06:13 WIB

Ingin Tubuh Ideal? 5 Minuman Ini Bantu Hancurkan Lemak

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Foto: istock
Jakarta -

Semua orang pasti menginginkan tubuh yang ideal dan perut yang langsing, terutama kaum wanita. Biasanya untuk mencapainya, mereka rela melakukan diet dan olahraga yang ketat.

Tapi, ternyata ada beberapa minuman yang bisa mewujudkan badan yang ideal dan perut yang langsing. Bahkan minuman-minuman ini bisa membantu menghilangkan lemak di perut dengan cepat. Apa saja ya? Berikut detikcom rangkum dari berbagai sumber.

1. Teh hijau

Dari 14 penelitian mengatakan orang yang mengkonsumsi teh hijau berkonsentrasi tinggi secara rutin selama tiga bulan, bisa menurunkan berat badannya. Berat badan yang bisa diturunkan mencapai 0,2-3,5 kilogram, jauh dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Hal ini karena kandungan catechin, yaitu sejenis antioksidan yang mempercepat proses pembakaran lemak dan mengoptimalkan proses metabolisme. Selain itu, teh hijau ini mengandung kafein yang bisa meningkatkan energi saat beraktivitas.

2. Kopi

Zat yang ada di dalam kopi dan teh, yaitu kafein ternyata bisa berfungsi sebagai stimulan dan membantu menurunkan berat badan. Di waktu yang bersamaan, kopi juga bisa memaksimalkan metabolisme tubuh.

Berdasarkan studi pada 33 orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan, mereka yang mengkonsumsi 6 ml kafein bisa membuat kalori di tubuh menjadi lebih sedikit. Bahkan dalam jangka panjang, para pecinta kopi bisa mempertahankan kestabilan berat tubuhnya.

3. Teh hitam

Meski tak sepopuler teh hijau, teh hitam juga bisa menurunkan berat badan. Teh yang terbentuk dari proses oksidasi yang lebih lama ini mengandung flavonoid, yaitu jenis antioksidan yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Dalam penelitiannya, kandungan polifenol yang ada di dalam teh hitam bisa menurunkan konsumsi kalori, memecah lemak lebih optimal, dan memberikan rangsangan pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

Pada penelitian lainnya yang melibatkan 2.734 wanita, mereka yang mengkonsumsi teh hitam secara rutin, sehingga memiliki lemak tubuh yang lebih rendah.

Selanjutnya
Halaman
1 2