Sabtu, 25 Jul 2020 05:55 WIB

Sudah Olahraga, Berat Badan Tidak Turun Juga? Ini 5 Tips Mengatasinya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus 5 Tips menurunkan berat badan (Foto: istock)
Jakarta -

Aturan sederhana dalam menurunkan berat badan adalah dengan memastikan jumlah kalori yang dikonsumsi harus lebih sedikit dari jumlah kalori yang dibakar. Karena itu, penting bagi kita untuk mengatur pola makan sehari-hari.

Tak lupa, kita juga perlu untuk berolahraga agar pembakaran kalori dalam tubuh bisa lebih efektif. Kurang olahraga bisa memicu berbagai macam penyakit, seperti kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan lain-lain. Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya dari sekarang mulailah untuk mengatur pola makan sehari-hari.

Dikutip dari Times of India, ahli gizi klinik dan diet, Lavleen Kaur membagikan tips bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan:

1. Kontrol porsi makan

Penting bagi kamu untuk mengontrol porsi makan jika ingin menurunkan berat badan. Batasilah asupan kalori dalam sehari, karena ketika makan berlebihan semua kalori ekstra akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Kamu bisa mengikuti panduan isi piringku dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, yakni dianjurkan untuk memenuhi setengah dari piring dengan sayur dan buah-buahan, serta setengah piringnya lagi diisi dengan makanan pokok dan lauk-pauk.

2. Hindari makanan olahan

Menurut Lavleen, sebaiknya kita perlu menghindari berbagai macam makanan olahan yang tinggi akan garam, gula putih, dan minyak.

Karena itu, ia menyarankan agar kita mengganti makan-makanan tersebut dengan yang lebih bernutrisi. Misalnya, menggunakan minyak zaitun dalam mengolah makanan agar lebih sehat, lalu mengganti rasa manis dari gula putih dengan madu, dan lain-lain.

3. Perbanyak asupan mikronutrien

Banyak dari kita yang mengabaikan asupan zat gizi mikro atau mikronutrien dalam makanan yang dikonsumsi. Menjaga asupan mikronutrien sangatlah penting agar tubuh tetap sehat.

Mikronutrien merupakan vitamin dan mineral yang tidak diproduksi dalam tubuh dan bersumber dari makanan.

Jika tujuanmu adalah mengurangi berat badan, perbanyaklah asupan vitamin D, vitamin B12, dan kalsium.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Beraksi 'Bunny Hop' dan 'Fakie' dengan Freestyle Scooter! "
[Gambas:Video 20detik]