Minggu, 01 Nov 2020 05:07 WIB

6 Cara Mengontrol Nafsu Makan Saat Diet

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Ilustrasi lapar tengah malam. Pilihan menu saat diet (Foto: iStock)
Jakarta -

Seseorang memiliki nafsu makan yang tinggi pada dasarnya adalah hal yang lumrah. Contohnya adalah nafsu makan yang tinggi untuk mengkonsumsi makanan tinggi gula dan berlemak. Namun, hal ini berdampak buruk bagi kesehatan terutama untuk mereka yang menjalani diet.

Nafsu makan yang tinggi untuk mengonsumsi makanan tertentu sering disebut dengan ngidam. Mengontrol nafsu makan yang tinggi tersebut menjadi hal penting terutama untuk Anda yang menjalankan program penurunan berat badan.

Dikutip dari Healthline, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat mengerem nafsu makan yang tidak sehat.

1. Minum air putih yang cukup

Menurut penelitian, minum air putih memiliki korelasi untuk membantu menurunkan berat badan. Meminum air putih membantu seseorang agar tubuhnya terhidrasi dengan baik sehingga rasa lapar dapat ditekan. Minum air putih yang cukup juga dapat mempercepat metabolisme tubuh dan mengeluarkan racun.

2. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi

Sebuah studi yang menganalisa yang remaja yang obesitas menemukan bahwa sarapan berprotein tinggi bisa mengurangi keinginan untuk ngemil secara signifikan. Protein juga menjadi sumber energi utama selain karbohidrat dan lemak. Protein dapat menekan rasa lapar lebih lama karena protein memerlukan proses pencernaan yang cukup lama. Hal ini dapat mencegah kebiasaan ngemil makanan yang tidak sehat.

Untuk mendapatkan asupan protein yang cukup, disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein, baik dari sumber nabati maupun hewani. Contoh sumber protein hewani adalah aneka jenis seafood yang juga kaya akan omega 3 dan 6, daging ayam tanpa lemak, telur, dan daging sapi tanpa lemak.

3. Buat jadwal makan

Salah satu cara untuk menekan nafsu makan yang tinggi adalah dengan membuat jadwal makan. Ketika seseorang merencanakan apa yang akan dimakan maka tidak menimbulkan spontanitas dan ketidakpastian makanan yang akan Anda konsumsi. Hal ini membuat jam metabolisme seseorang menjadi teratur dan dapat mengatur nafsu makan yang tinggi tersebut.

4. Kelola stres

Dalam banyak studi menemukan bahwa ada hubungannya antara tingkat stres terhadap kenaikan berat badan. Cobalah untuk mengurangi rasa stres dengan bermeditasi, yoga, dan lakukan hobi yang disenangi untuk dapat mengelola stres.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]