Selasa, 30 Mar 2021 06:00 WIB

Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

Ardela Nabila - detikHealth
young beautiful woman by the window at home drinking water. Lifestyle Foto: Getty Images/iStockphoto/Eva Blanco
Jakarta -

Minum air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari bisa mengatur suhu tubuh agar tetap terhidrasi, memberikan oksigen pada seluruh tubuh, membantu pencernaan, hingga membantu penurunan berat badan.

Mengutip Healthline, dalam sehari kamu dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas air (sekitar 2 liter). Namun, perlu diingat itu bukan aturan wajib karena konsumsi air putih juga harus disesuaikan dengan kebutuhan pribadi setiap orang.

Sebagai contoh, orang-orang yang rutin berolahraga dan aktif secara fisik membutuhkan lebih banyak air putih daripada orang-orang yang tidak aktif. Selain itu, orang tua dan ibu menyusui juga harus memperhatikan asupan air putih perharinya.

Menurut sebuah studi, minum sebanyak 1-2 liter air putih perhari dapat membantu menurunkan berat badan seseorang.

Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2014, dikutip dari Medical News Today, 12 orang yang minum 500 ml air putih dingin dan air putih suhu ruangan mengalami adanya peningkatan energi. Air putih juga membakar sebanyak 2-3 persen kalori lebih banyak setelah 90 menit.

Berikut 3 waktu terbaik untuk minum air putih bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badannya, seperti dikutip dari NDTV.

1. Saat lapar

Rasa haus sering kali dianggap sebagai rasa lapar. Biasanya, perasaan ini muncul saat kamu merasa lapar tidak lama setelah makan. Jika kamu merasa terlalu sering kelaparan, kamu bisa mencoba minum air putih. Minum air putih saat lapar dapat mencegah kamu mengonsumsi makanan ringan dan menghilangkan rasa lapar. Sebab, dehidrasi memang kerap disalahartikan sebagai rasa lapar.

2. Sebelum makan

Untuk menghindari mengonsumsi makanan berlebihan, kamu bisa mencoba minum air putih sebelum makan, tepatnya 30 menit sebelum makan. Hal ini efektif untuk mengontrol asupan kalori yang menjadi penyebab naiknya berat badan. Selain itu, kamu juga disarankan untuk menghindari minum air putih langsung setelah selesai makan atau selama makan.

3. Setelah bangun tidur

Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu memperlancar pencernaan yang baik untuk penurunan berat badan. Tak hanya itu, air putih di pagi hari juga bisa memberikan energi bagi tubuh sekaligus menghilangkan racun dalam tubuh. Perlu diingat untuk mengonsumsi air putih dengan suhu ruangan atau air hangat untuk pagi hari. Pasalnya, air dingin di pagi hari dapat menyebabkan batuk.



Simak Video "Kenapa Saat Demam Dianjurkan Banyak Minum Air Putih?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)