Sabtu, 25 Des 2021 11:00 WIB

5 Diet Selebriti yang Ekstrem, Tidak untuk Ditiru!

Maulida Balqis - detikHealth
Ilustrasi diet atau perut buncit DIet ekstrem selebriti. (Foto: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt)
Jakarta -

Semua orang tentu tahu bahwa para selebriti memiliki penampilan yang sangat luar biasa. Faktanya, para seleb ini rela melakukan banyak hal untuk menjaga penampilannya yang demikian. Mereka rela melakukan olahraga dan diet yang ketat untuk memiliki tubuh yang indah. Memang beberapa selebriti sudah banyak yang menerapkan diet 'sehat' dibandingkan diet ekstrem. Tapi, ada pula selebriti yang masih menjalani diet yang ketat demi menjaga bentuk tubuhnya.

Dikutip dari Athlean-X, ada beberapa selebriti yang rela menjalani diet ketat demi memiliki tubuh yang diimpikan atau untuk menurunkan berat badan secara cepat. Beberapa diet yang dilakukan tidak hanya berbahaya, tetapi juga membuat para selebriti berisiko mengalami efek 'yoyo'. Efek ini membuat para pelaku diet dapat lebih cepat menurunkan berat badan namun juga lebih cepat untuk mendapatkannya kembali yang bahkan jauh lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Berikut ini beberapa diet ekstrem yang rela dilakukan para selebriti:

Diet ekstrem seleb:

1. Diet Makanan Bayi

Diet ini dibuat oleh trainer selebriti Tracy Anderson. Diet yang dijalani oleh Jennifer Aniston, Lady Gaga, dan Gwyneth Paltrow ini memiliki tujuan untuk membantu mengekang rasa ingin 'makan' tanpa mengorbankan nutrisi. Pencetus diet ini menganggap bahwa makanan bayi sebagian besar memiliki kandungan nutrisi yang cukup. Diet ini memiliki dua variasi. Salah satunya yaitu makan 14 botol makanan bayi sepanjang hari dan memakan makanan biasa pada malam hari. Pilihan lainnya adalah makan makanan normal 3 kali sehari namun menukar makanan ringan dengan makanan bayi.

Yang menjadi masalah pada diet ini adalah orang dewasa tidak sama dengan bayi. Pada akhirnya, orang dewasa tetap menginginkan makanan dewasa yang kaya rasa. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam makanan bayi tidak dapat melengkapi nutrisi yang dibutuhkan orang dewasa karena orang dewasa membutuhkan lebih banyak serat, kalsium, dan vitamin D. Lebih jauh, seperti diet yang lainnya, para peserta diet ini juga tetap harus mengontrol jenis makanan bayi serta jumlah kalorinya agar diet dapat bekerja optimal.

2. The Master Cleanse

Beyonce merupakan salah seorang selebriti yang menjalani diet The Master Cleanse. Melalui diet ini, Beyonce bertujuan menurunkan 20 pon atau 9 kilogram berat tubuhnya sebelum dirinya syuting Dream Girls. Selebriti Gwyneth Paltrow juga dikabarkan menjalani diet ini. Namun, Beyonce pada akhirnya mengungkapkan bahwa dirinya tidak merekomendasikan diet jenis ini, karena menurutnya diet ini terlalu ekstrem untuk dilakukan.

Para peserta diet ini tidak diperkenankan memakan makanan padat. Mereka hanya diperbolehkan untuk makan makanan lunak selama 10 hari. Dieters juga diwajibkan meminum obat pencahar di pagi dan sore hari, atau bisa juga dilakukan dengan menukarnya dengan air garam. Banyak para dieters yang mengeluh kelaparan, lemas, kehilangan massa otot, dan terus menerus bolak-balik ke kamar mandi setelah melakukan diet ini. Ahli gizi juga mengonfirmasi bahwa melakukan diet ini bisa menimbulkan bahaya.

Diet The Master Cleanse bisa dikatakan hanyalah diet 'kelaparan'. Orang mungkin bisa kehilangan berat badan mereka dengan diet ini, namun hal tersebut disebabkan karena hilangnya massa otot pada tubuhnya. Diet ini juga mengacaukan metabolisme tubuh karena menyebabkan prosesnya menjadi lambat agar bisa menghemat simpanan energi (lemak) dalam tubuh.

Simak diet ekstrem lain di laman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2