Sabtu, 25 Des 2021 11:00 WIB

5 Diet Selebriti yang Ekstrem, Tidak untuk Ditiru!

Maulida Balqis - detikHealth
Ilustrasi diet atau perut buncit DIet ekstrem selebriti. (Foto: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt)


3. Diet Kue

Beberapa tahun lalu, Snooki menjadi berita utama ketika ia berhasil kurus secara signifikan menggunakan diet kue milik Dr. Siegal. Diet kue ini mengharuskan seseorang makan 6-10 kue per hari dan dilanjutkan dengan makan malam yang sehat.

Diet ini bisa ampuh menurunkan berat badan karena pada dasarnya asupan kalori yang diterima tubuh menjadi 800-1200 kalori per hari. Jumlah ini jauh lebih sedikit dari yang direkomendasikan oleh sebagian besar ahli gizi. Dengan memakan makanan yang sama hampir sepanjang waktu, tubuh bisa kehilangan nutrisi penting yang seharusnya bisa didapat dari makanan biasa.

Diet kue ini cukup menyesatkan karena membuat orang berpikir bahwa mereka bisa memanjakan diri dengan memakan makanan enak. Padahal faktanya, kalori yang didapat jadi terbatas dan kue yang dimakan tidaklah seenak itu.

4. Diet Makrobiotik

Memang terdengar lebih sehat daripada diet kue, namun diet ini cukup memusingkan orang-orang sekitar bila harus makan bersama para dieters. Diet ini tidak mengizinkan seseorang makan makanan olahan. Diet makrobiotik berfokus pada sumber makanan nabati organik alami dan makanan harus dikonsumsi dalam 'kondisi paling alami'. Selebriti Gwyneth Paltrow menjadi salah satu peserta diet ini.

Paltrow bahkan menjalani diet makrobiotik yang lebih ekstrem daripada yang dilakukan orang lain. Ia rela untuk tidak mengonsumsi produk hewani sama sekali dan memakan makanan yang tidak dimasak atau 'mentah'. Dengan melakukan diet ini, Paltrow berisiko kekurangan kalsium, protein, dan vitamin B. Paltrow juga didiagnosis osteopenia beberapa tahun lalu yang mungkin saja disebabkan oleh diet ekstremnya selama bertahun-tahun.

5. Diet Warna

Diet ini mengharuskan orang hanya makan makanan dengan warna tertentu setiap hari dan warna yang berbeda setiap 7 hari sekali. Beberapa sumber menyatakan bahwa Christina Aguilera saat ini mengikuti diet ini untuk menurunkan berat badannya.

Cara melakukan diet warna yaitu misalnya pada hari senin memakan makanan putih, maka pada hari tersebut para dieters boleh memakan pisang, kembang kol, bawang putih, jahe, bengkuang, jamur, bawang bombay, dan kentang. Kemudian Selasa berwarna merah, Rabu berwarna Hijau, dan seterusnya. Ide dibalik diet ini yaitu tidak meninggalkan nutrisi apa pun dan belajar menikmati buah dan sayuran baru yang mungkin belum pernah dikonsumsi sebelumnya.

Meskipun terdengar cukup sehat dan menyenangkan, diet ini bisa saja menyusahkan orang terutama bagi yang tidak memiliki koki pribadi. Namun, bila tertarik untuk mencobanya, mungkin diet ini yang paling aman untuk dilakukan. Karena didasarkan pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang tentunya tidak akan berisiko kekurangan protein rendah lemak.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(kna/kna)