Jumat, 08 Jun 2018 17:42 WIB

Gokil! Mudik Jakarta-Kebumen Naik Sepeda Mini Harga Rp 120 Ribu

Widiya Wiyanti - detikHealth
Salikun mudik dari Jakarta ke Kebumen dengan sepeda mini (Foto: Widiya Wiyanti) Salikun mudik dari Jakarta ke Kebumen dengan sepeda mini (Foto: Widiya Wiyanti)
Jakarta - Mudik menjadi momen yang ditunggu masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Biasanya mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, atau kendaraan umum seperti bus, kereta, dan pesawat.

Lain halnya dengan Salikun (53) yang sejak tahun 2012 mudik menggunakan sepeda. Di usia yang sudah tak muda lagi, semangat Salikun masih tetap membara untuk gowes mengarungi jalan-jalan Indonesia.

Mudik ke Kebumen, Jawa Tengah dengan jarak kurang lebih 1.000 kilometer pulang pergi. Salikun mengaku menikmati setiap perjalananan.

"Kita bukan target, sepeda kan cari bahagia. Orang sepeda kan sebagai hobi dan kesenangan," ujarnya kepada detikHealth saat ditemui di Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Jumat (8/6/2018).



Salikun yang berniat mudik pada tanggal 12 Juni akan mengendarai sepeda yang dibelinya dengan harga hanya Rp. 120.000. Murah banget ya sepedanya.

"Itu murah saya cuma 120-an, malah ditawar orang 2 juta sepeda saya," ungkapnya seraya tertawa.

Bukan sepeda mahal yang dipakainya, sepeda mini tersebut cuma Rp 120 ribu!Bukan sepeda mahal yang dipakainya, sepeda mini tersebut cuma Rp 120 ribu! Foto: Widiya Wiyanti


Namun sebelum memulai mudik, Salikun harus mempersiapkan sepedanya dengan perawatan yang baik. Tak lupa beberapa sparepart penting pasti dibawanya.

"Ban dalam minimal satu sama tambalan dan kunci-kunci. Kalau saya sendiri sih bawa kompor, buat bikin kopi di jalan kalau macet," kata Salikun.

Nah, kamu mau coba ikutan mudik dengan bersepeda?





Tonton juga mudik gowes bebas polusi:

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed