Rabu, 18 Sep 2019 16:11 WIB

Betis Besar karena Lemak atau Otot? Vanessa Angel Mungkin Perlu Tahu Bedanya

Michelle Natasya - detikHealth
Betis bisa besar karena otot maupun lemak (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT) Betis bisa besar karena otot maupun lemak (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT)
Jakarta - Aktris kontroversial Vanessa Angel selalu mengundang sensasi. Belakangan, ia mendapat komentar netizen soal betisnya yang dinilai besar.

"Biar kata betisnya gede aku masih sayang ko," tulis @syahdatalyy.

Sebenarnya, terdapat banyak cara untuk mengecilkan betis yang besar. Namun, cara terbaik untuk mengurangi ukuran betis tergantung pada apakah betis besar karena lemak atau otot.

Dikutip dari Livestrong, jika betis besar karena lemak, maka yang harus dilakukan adalah mengurangi berat tubuh secara keseluruhan dengan mengurangi kalori yang dikonsumsi dan meningkatkan kalori yang dibakar melalui diet dan olahraga.

Namun, jika betis besar karena otot, maka pola makan perlu diubah. Olahraga rutin juga sangat disarankan.



Cara mudah untuk mengevaluasi apakah betis anda sebagian besar otot atau lemak adalah dengan melihatnya di cermin. Tanda-tanda bahwa betis besar karena berotot adalah adanya garis-garis pemisahan yang jelas antara otot-otot paha belakang, paha depan, dan betis. Jika garis pemisah tersebut tidak terlihat, maka bisa betis membesar karena tertutup lemak.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi ukuran betis, baik karena lemak maupun otot:

Mengecilkan betis yang berlemak.

1. Kurangi jumlah kalori yang anda konsumsi per hari. Makan lebih banyak protein tanpa lemak, biji-bijian dan sayuran segar.

2. Lakukan olahraga rutin selama 30 hingga 60 menit dalam lima hari per minggu. Berjalan, berlari, dan berenang adalah pilihan yang lebih baik untuk mengecilkan betis berlemak.

3. Lebih produktif dan aktif bergerak sepanjang hari.



Mengecilkan betis yang berotot.

1. Kurangi jumlah kalori yang anda konsumsi. Perhatikan berapa banyak kalori yang anda bakar per hari dan berapa banyak kalori yang anda butuhkan.

2. Lakukan olahraga yoga atau pilates. Latihan-latihan ini melatih otot secara ringan dan memanjangkannya. Sehingga anda dapat tetap berolahraga tanpa membangun otot betis semakin besar.

3. Regangkan otot betis anda setiap hari selama lima hingga 10 menit, terutama sebelum memulai olahraga. Duduklah di tanah dengan kaki ke depan dan condongkan tubuh anda ke depan sejauh mungkin.

4. Lakukan lebih banyak latihan aerobik dan lebih sedikit latihan kekuatan, terutama untuk betis. Hindari latihan yang membutuhkan gerakan memompa betis, seperti bersepeda.



Simak Video "3 Gerakan Ampuh Penghilang Lemak Ala Mahendra"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)