Selasa, 17 Des 2019 15:11 WIB

Tak Mematikan, 'Kobra' yang Satu Ini Malah Bisa Bantu Kecilkan Perut

Firdaus Anwar - detikHealth
Pose kobra bisa latih kekuatan otot inti di area perut. (Foto: iStock)
Topik Hangat Kobra untuk Perut Rata
Jakarta - Saat ini sedang ramai soal penemuan ular kobra, disebut karena memang sedang musim berkembang biaknya. Nah daripada khawatir soal kobra dengan bisa mematikan tersebut, mending kita kenalan sama 'kobra' yang bisa membantu mengecilkan perut.

Dikutip dari Verywell Fit, pose yoga kobra bisa dicoba bagi orang-orang yang ingin membakar lemak perut. Posisi ini dilakukan dengan cara mengangkat tubuh bagian atas dari posisi tengkurap dengan otot inti layaknya seekor ular kobra.


"Kobra yang dilakukan dengan tangan menekuk kadang disebut juga pose bayi kobra. Bila dilakukan dengan tangan lurus itu disebut kobra penuh, tapi bagi pemula tidak perlu terburu-buru bisa melakukannya," tulis pelatih yoga Ann Pizer untuk Verywell Fit dan dikutip pada Selasa (17/12/2019).

Begini posisi pose kobra dalam yoga.Begini posisi pose kobra dalam yoga. Foto: iStock

Untuk melakukan pose kobra cukup tengkurap dan kaki lurus menyentuh lantai. Taruh tangan di lantai tepat di bawah bahu dan siku menyentuh sisi tubuh. Tarif napas lalu mulai angkat dada ke atas perlahan sambil kepala memandang netral ke lantai. Tahan posisi selama 15-30 detik, perlahan buang napas sambil kembali ke posisi tengkurap.

Posisi kobra ini dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan. Bagi yang sudah terampil seseorang bisa mencoba pose kobra penuh.

Sebagai catatan posisi kobra tidak cocok dilakukan oleh orang-orang dengan cedera punggung, tangan, bahu, sindrom carpal tunnel, usai operasi di area perut, hingga ibu hamil.



Simak Video "Cedera Saat Olahraga? Begini Cara Tepat Menanganinya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
Topik Hangat Kobra untuk Perut Rata