Selasa, 17 Des 2019 18:03 WIB

Tak Hanya Kecilkan Perut, 'Kobra' yang Ini Juga Obati Punggung Kaku

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pose kobra atau cobra pose dalam yoga bisa mengatasi masalah nyero punggung (Foto: iStock)
Topik Hangat Kobra untuk Perut Rata
Jakarta - Ramainya teror kobra di sejumlah wilayah malah menambah panik masyarakat yang ada di sekitarnya. Mulai dari gigitan hingga bisa racunnya yang bisa menewaskan manusia menambah ketakutan.

Tapi untuk 'kobra' yang satu ini malah membawa keuntungan untuk kamu, apalagi dalam hal kesehatan. 'Kobra' ini bisa membantu kamu yang memiliki cedera punggung, sakit kepala, hingga sindrom carpal tunnel (CTS) atau penyakit di pergelangan tangan karena saraf tertekan hingga menyebabkan nyeri, mati rasa, hingga parestesia (kesemutan atau seperti terbakar).

'Kobra' ini merupakan salah satu pose yoga yang bisa meningkatkan fleksibilitas pada tubuh orang yang melakukannya. Untuk melakukannya, berikut tahapan yang bisa kamu ikuti dikutip dari Yoga Journal.



1. Berbaring tengkurap di lantai

Lakukan pose ini dengan berbaring telungkup di atas lantai. Renggangkan kaki ke arah belakang, kemudian pijakkan di lantai. Letakkan telapak tangan di atas lantai tepat di bawah bahu, lalu tekuk siku mengarah kembali ke tubuh.

2. Tekan bagian kaki ke lantai

Langkah selanjutnya, kamu bisa tekan bagian kaki seperti paha dan pubis dengan kuat ke arah lantai. Tekan secara perlahan, jangan dipaksakan. Karena nanti akan membuat bagian tersebut kaku bahkan kram.

3. Tarik napas sambil mengangkat dada

Tarik napas sambil mengangkat dada secara perlahan sampai batas yang kamu bisa. Tahan pada posisi itu dan tetap pastikan posisi kaki tidak berubah. Tekan tulang ekor ke arah depan dan tekuk ke arah pusar.

4. Arahkan dada ke depan

Saat menarik napas dan mengangkat dada dari lantai, pastikan tulang rusuk mengarah ke depan. Tapi ingat, jangan terlalu mendorong tulang rusuk terlalu depan hingga membuat punggung bagian bawah kaku.

5. Tahan posisi selama 15-30 detik

Setelah melakukan urutan dengan tepat, tahan pada posisi tersebut selama 15-30 detik. Lakukan sambil mengatur napas secara perlahan, lalu kembali ke posisi tengkurap lagi sambil membuang nafas perlahan.



Simak Video "Keren! Anak Perempuan Ini Pecahkan Rekor Yoga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Kobra untuk Perut Rata