Kamis, 27 Agu 2020 15:32 WIB

Diusulkan Anies Masuk Tol, Berapa Sih Kecepatan Sepeda Jenis Road Bike?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Road bike cyclist man cycling, athlete on a race cycle Diusulkan Anies masuk tol sepeda, berapa kecepatan jenis sepeda road bike? (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto)
Topik Hangat Road Bike Naik Pamor
Jakarta -

Wacana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan sepeda jenis road bike bisa masuk tol menuai pro dan kontra. Dilihat dari kecepatan yang bisa dicapai, road bike memang bisa mengimbangi kendaraan bermotor.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Umum Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) DKI Fatur Racavvara yang juga seorang pengguna road bike. Menurut Fatur, kecepatan jenis sepeda road bike sangat beragam tergantung pada fisik pengendara.

"Kembali iya kalau sepeda itu kan tergantung ridernya, fisik ridernya, kalau teman-teman yang biasa pakai itu minimal 30 kilometer per jam, rata-rata mereka pakai," ungkapnya.

"Tetapi kalau yang sudah staminanya bagus, itu bisa bahkan sampai 50 kilometer per jam kecepatannya. Bahkan kalau atlet itu bisa 60 kilometer per jam lebih," pungkasnya.

infografis sepeda balap alias road bikeinfografis sepeda balap alias road bike Foto: infografis detikHealth

Meski demikian, ia memberikan catatan terkait sisi keamanan. Waktu yang diusulkan yakni Minggu pagi, menurutnya perlu dikaji kembali.

"Kebijakan usulan dari DKI untuk ke PUPR itu perlu dikaji ulang, seperti datanya mengapa minggu pagi jam 6 hingga jam 9 pagi," kata Fatur.

"Apakah memang sudah dianalisa bahwa tol itu ketika jam 6 hingga 9 pagi itu kosong, nah kalauitunya menang kosong dan aman, itu sih saya pikir boleh-boleh saja, tetapi kalau analisanya berbahaya sih saya pikir itu perlu dikaji kembali ya,"pungkasnya.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Road Bike Naik Pamor