Rabu, 17 Mar 2021 07:05 WIB

Klaster Aerobik Bermunculan, Ini Pesan Denada Soal Olahraga Bareng

Vidya Pinandhita - detikHealth
Denada saat ditemui di kawasan Kebon Sirih. Denada Tambunan kini jadi instruktur aerobik 'Zumba' (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Penularan virus Corona dalam klaster senam aerobik belakangan ini sering terdengar. Beberapa waktu lalu, puluhan warga Desa Puspahiang, Tasikmalaya, tertular COVID-19 terkait kegiatan sebuah klum senam.

Tak bisa dipungkiri, olahraga memang memberikan banyak manfaat kesehatan. Di tengah pandemi, tubuh yang bugar memberikan imunitas yang membuat seseorang lebih kuat menghadapi serangan infeksi.

Olahraga juga menyenangkan, terlebih jika dilakukan bersama-sama. Denada Tambunan, penyanyi era 1990-an yang kini menjadi instruktur Zumba, mengakui hal itu.

"Semua yang datang membawa energi luar biasa positif. Instrukturnya datang pakai lagu-lagu yang begitu uplifting, energi tinggi memberikan gerakan yang menyenangkan," ujar Denada dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (10/3/2021).

Namun, olahraga yang dilakukan bersama-sama atau di tengah kerumunan justru dikhawatirkan menjadi wadah penularan virus Corona. Denada yang menekuni olahraga aerobik, mau tak mau harus meniadakan kelas bersama bak sebelum ada pandemi.

"Olahraga menjadi tantangan tersendiri karena banyak sekali orang yang menikmati olahraga di tempat yang sekarang belum bisa kita lakukan. Tempat kebugaran, olahraga yang bersama-sama, ramai-ramai," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]



Namun bagi Denada, tantangan ini bukan titik akhir. Olahraga aerobik seperti Zumba tetap bisa dilakukan bersama-sama, tetapi secara virtual. Meski tanpa tatap muka, Denada mengaku tetap bisa merasakan aliran energi positif yang sama kencangnya dengan kelas normal.

Bahkan, kelas online menawarkan kelebihan karena bisa diakses 24 jam. Jadi, adaptasi dengan gaya hidup baru di tengah pandemi bukanlah alasan untuk tidak berolahraga.

"Kita tetap bisa berolahraga dari rumah, dari mana pun kita berada," ujarnya.

Selain itu, energi positif yang dirasakannya ia yakini baik untuk kondisi mental. Mengingat, kondisi pandemi ini menjadi tantangan besar baik untuk fisik atau psikis banyak orang.

"Satu hal yang kurasa nggak kalah penting amat perlu diperhatikan adalah kesehatan mental, jangan sampai tidak terperhatikan. Karena ini adalah masa yang menantang sekali secara mental," imbuh Denada.

Nah, jangan sampai ada lagi klaster senam aerobik ya!



Simak Video "Tips Denada Tambunan untuk Pemula yang Ingin Olahraga Zumba"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)