Minggu, 06 Jun 2021 13:20 WIB

5 Jenis Sepeda Ini Paling Cocok untuk Transportasi, Road Bike Juga Bisa Sih

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
A smiling young woman commuting in an urban city environment on her street bicycle, waterproof panniers on her bike rack.  She rides the streets of downtown Portland, Oregon.  Intentional motion blur. Sepeda untuk transportasi atau commuting (Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanJLane)
Jakarta -

Jalur sepeda yang ada di DKI Jakarta disiapkan untuk sepeda sebagai alat transportasi, bukan 'alat sport' sebagaimana ditegaskan Gubernur Anies Baswedan. Road bike sih jelas, umumnya digunakan untuk olahraga.

Lalu jenis sepeda seperti seperti apa sih yang disebut alat transportasi?

Pada dasarnya tidak ada pembagian secara spesifik bahwa jenis sepeda tertentu adalah 'alat sport', dan jenis sepeda lainnya adalah alat transportasi. Toh, perjalanan commuting naik sepeda sebenarnya juga bisa dilakukan sambil olahraga. Paling-paling, intensitasnya saja yang beda.

Meski begitu, dari sekian banyak jenis sepeda ada beberapa yang memang lebih bisa memenuhi kebutuhan sebagian pekerja yang ingin commuting naik sepeda. Jenis-jenis tersebut umumnya punya karakteristik:

  • Riding position lebih nyaman
  • Lebih fleksibel untuk melintas di berbagai kondisi jalan
  • Cukup kokoh untuk membawa beban ekstra, berupa alat kerja dan alat mandi, serta baju ganti

Jenis sepeda dengan karakteristik tersebut antara lain:

1. Hybrid

Sesuai namanya, hybrid menggabungkan fitur-fitur unggulan dari beberapa jenis sepeda. Kombinasi paling umum adalah menggunakan rangka yang kokoh dan handle bar lurus senyaman mountain bike (sepeda gunung), tapi menggunakan spesifikasi wheelset yang selincah road bike (sepeda balap) yakni ukuran 700c.

Valencia, Spain; 6th May 2020: People walking and playing sports during the coronavirus pandemic in the time slot allocated by the Government. Walking and individual sport activities are allowed with some limitations and respecting social distancing measuresSepeda ideal untuk commuting: rangka sekokoh mountain bike, ban selincah road bike. Foto: Getty Images/mediamasmedia

2. City bike

Karakteristik utama city bike adalah riding position yang sangat nyaman. Biasanya didukung juga dengan sadle yang empuk, bahkan ada yang memiliki pegas. Kelengkapannya juga paling komplet, mulai dari rak atau keranjang, bel atau klakson, hingga fender atau selebor. Beberapa bahkan dilengkapi lampu berdinamo. Karena bukan untuk balapan, maka bobot yang lebih berat tak terlalu menjadi masalah saat mengendarai jenis sepeda ini.

Young smiling woman standing in front of an orange wall with her bicycleCity bike sering disebut 'sepeda jengki'. Foto: Getty Images/iStockphoto/pixdeluxe

3. Folding bike

Folding bike atau sepeda lipat paling praktis bagi yang commuting dengan multimoda. Bisa dilipat, sehingga ringkas untuk dibawa masuk ke dalam kereta atau bus umum. Meski ukuran rodanya rata-rata kecil, sepeda jenis ini tetap bisa melaju dengan rasio gigi tertentu.

sepeda BROM PI yang mirip BromptonSepeda lipat 'BROM PI' yang mirip Brompton. Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth

Road bike untuk commuting? Bisa-bisa saja, tapi simak dulu catatannya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pesepeda Indonesia Kian Banyak, Gimana Fasilitas Umum Pendukungnya?"
[Gambas:Video 20detik]