Rabu, 04 Agu 2021 10:24 WIB

Prokes Maksimal! Atlet Ini Tak Copot Masker Saat Tanding di Olimpiade Tokyo 2020

Syifa Aulia - detikHealth
TOKYO, JAPAN - AUGUST 03: Lucas Saatkamp #16 of Team Brazil hits the ball against Team Japan during the Mens Quarterfinals volleyball on day eleven of the Tokyo 2020 Olympic Games at Ariake Arena on August 03, 2021 in Tokyo, Japan. (Photo by Toru Hanai/Getty Images) Foto: Getty Images/Toru Hanai
Jakarta -

Pemain voli Lucas Saatkamp dari Brasil mengenakan masker ketika bertanding di Olimpiade Tokyo 2020. Aksinya itu membuat banyak penonton gagal fokus karena hanya dirinya yang tidak melepaskan masker.

Banyak yang bertanya-tanya mengapa Lucas tidak melepaskan maskernya? Menurut situs L'EQUIPE, (04/08/2021), ia memutuskan tetap memakai masker untuk melindungi istri dan anaknya dari COVID-19.

Sebagai informasi, Lucas pernah tertular COVID-19 ketika istrinya sedang hamil. Sejak saat itu, ia selalu memakai masker saat di luar rumah. Putranya juga memiliki penyakit paru-paru, sehingga ia tidak ingin membawa virus ketika pulang ke rumah.

Sebenarnya, aman tidak memakai masker saat berolahraga? Banyak pakar yang tidak mempermasalahkan hal itu. Mereka berkata bahwa masker aman digunakan untuk olahraga, apalagi disaat situasi pandemi COVID-19 ini. Mengenakan masker menjadi salah satu cara untuk menghambat penyebaran virus.

Melansir dari Mayo Clinic, penelitian terbaru menunjukkan bahwa detak jantung, laju pernapasan, tekanan darah, tingkat oksigen, dan kelelahan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan masker saat olahraga sedang maupun berat.

Penelitian lain menyebutkan bahwa masker bedah dan kain tidak berpengaruh terhadap aktivitas olahraga. Namun, jika memiliki penyakit paru-paru kronis, sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang penggunaan masker ini.

Jika saat berolahraga merasakan gejala seperti kelelahan, pusing, tidak nyaman, sakit kepala, sesak napas yang signifikan, rasa kantuk, dan otot melemah, disarankan untuk menghentikan aktivitas.



Simak Video "Ragam Masker Atlet Olimpiade Tokyo 2020 dari Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)