Minggu, 17 Okt 2021 18:54 WIB

Gideon Absen di Final Piala Thomas, Ini Perlunya Recovery Setelah Olahraga

Vidya Pinandhita - detikHealth
kevin sanjaya sukamuljo marcus fernaldi gideon thomas cup thomas cup 2020 piala thomas piala thomas 2020 Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon. Foto: Yohan Nonotte/Badminton Photo
Jakarta -

Pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi, menyebut Marcus Fernaldi Gideon kini tengah dalam keadaan tak bugar. Walhasil, kini Kevin Sanjaya Sukamuljo dipasangkan dengan Daniel Marthin di final Piala Thomas 2020.

"Kondisi Marcus sudah capek berat. Waktu 24 jam istirahat tidak cukup recovery-nya. Tenaganya sudah habis. Ibarat mobil, tangki bahan bakarnya mungkin cuma isi setengah. Tidak cukup untuk main final yang menuntut kesiapan stamina yang penuh. Selain itu kakinya juga sudah kurang cepat," tutur Herry dalam rilis PBSI, dikutip dari detikSport, Minggu (17/10/2021).

Kenapa recovery itu penting?

Dikutip dari Livestrong, kerusakan otot bisa berujung bahaya. Riset pada Agustus 2018 yang diterbitkan oleh European Journal of Sports Science menyebut, olahraga membebani serat otot.

Otot terbuat dari beberapa bundel serat yang dibungkus bak tali. Beberapa serat mungkin putus saat tubuh mengejan, seperti ujung tali berjumbai.

Otot membutuhkan energi untuk berkontraksi. Sekali melangkah, otot kaki mengandalkan kombinasi glukosa, lemak, dan oksigen untuk memberi daya pada otot. Olahraga bekerja menguras otot dari sumber energi seperti glukosa dan lemak. Walhasil, amat penting untuk memulihkan kembali otot dengan recovery pasca berolahraga.

Bagaimana cara tahu bahwa tubuh sudah butuh recovery?

Pemulihan dilakukan ketika pertama, timbul rasa nyeri. Nyeri otot onset lambat adalah peradangan ringan pada otot yang menimbulkan nyeri. Biasanya, nyeri ini timbul satu atau dua hari setelah berolahraga, selama tiga hingga lima hari.

Tanda kedua, yakni menurunnya stamina. Cara mengetahuinya, coba lakukan gerakan tidak terlalu berat, kemudian bandingkan dengan waktu terakhir tubuh dibawa berolahraga.

Jika timbul nyeri terlebih dibarengi menurunnya stamina, berikan tubuh waktu untuk beristirahat. Rata-rata untuk stamina kembali optimal, diperlukan waktu tiga hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Asupan Gizi yang Perlu Diperhatikan Saat Terpapar Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]