Minggu, 17 Okt 2021 21:58 WIB

RI Raih Piala Thomas, Jadi Semangat Mau Olahraga? Boleh Banget, Gini Mulainya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jonatan Christie vs Anders Antonsen Foto: (Badminton Photo)
Jakarta -

Indonesia mengunci kemenangan di Piala Thomas 2020 lewat kemenangan Jonatan Christie. Skor telak 3:0 atas China jadi motivasi untuk beli raket, lalu ikut olahraga.

Nggak salah sih, momen Piala Thomas 2020 sangat ideal untuk membangkitkan semangan olahraga. Namun jika ingin konsisten, maka harus tahu bagaimana memulainya.

Praktisi kesehatan olahraga dr Angelica Anggunadi, SpKO menyarankan untuk memulainya secara bertahap. Memaksakan diri untuk langsung olahraga berat bakal berujung pada pegal-pegal, yang akhirnya malah bikin malas dan tidak konsisten.

"Olahraga langsung misalnya setiap hari, terus olahraga berat itu bisa menimbulkan pegal-pegal. Kalau sudah pegal-pegal nanti malas untuk mulai lagi," paparnya dalam temu media daring, beberapa waktu lalu.

Ada juga sih yang bilang, pegal-pegal menandakan efek positif berolahraga. Menurut dr Angelica, anggapan ini salah. Itu tandanya olahraganya tidak sesuai porsi masing-masing individu.

Lalu bagaimana sebaiknya memulai olahraga? Ini tahapannya.

1. Mulai dari yang ringan

Tak ingin cedera? Lakukan olahraga mulai dari yang paling ringan, lalu bertahap intensitasnya ditingkatnya.

2. Tentukan goal atau tujuan

Beda tujuan, meda pula pola dan metode olahraganya. Menetapkan goal akan mempermudah menentukan pola olahraganya. Selain itu, goal juga bisa jadi patokan untuk konsisten.

3. Mulai dari yang disuka

Pertama-tama, pastikan menikmati olahraga yang dilakukan. Makin enjoy, makin bisa konsisten untuk melakukannya secara rutin dalam jangka panjang.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Sebaran 128 Kasus Konfirmasi Varian Omicron di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)