Jumat, 12 Nov 2021 17:23 WIB

Komunitas Kebugaran Menjamur, Beneran karena Olahraga atau Kumpul-kumpulnya?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Sejumlah masyarakat beraktifitas bersepeda di kawasan Sudirman, Jakarta, Sabtu (16/10/2021). Polda Metro Jaya telah mengizinkan aktivitas olahraga bersepeda (bike to sport) melintasi jalan umum di Jakarta mulai Sabtu (16/10) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Ilustrasi. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pandemi COVID-19 bikin banyak orang mendadak gemar berolahraga, baik untuk mencegah risiko tertular COVID-19 atau mencegah badan melar akibat terlalu banyak berdiam di rumah.

Bukan cuma minat olahraga yang meningkat, tetapi juga animo untuk berkomunitas. Selama pandemi, banyak sekali bermunculan komunitas baru yang berfokus pada aktivitas kebugaran, mulai dari komunitas lari hingga komunitas bersepeda.

CEO perusahaan perkakas olahraga asal Prancis, Decathlon Indonesia, Jeremie Ruppert, menilai pandemi Corona telah membuat semakin banyak orang giat berolahraga. Bahkan, orang-orang yang tadinya tak pernah menyentuh alat olahraga pun kini ikut menjajal.

Menurutnya, keunikan lain orang Indonesia adalah gemar melakukan aktivitas fisik bersama-sama. Misalnya, bersepeda. Meski sebenarnya bisa digowes sendiri, orang Indonesia kerap menjadikan olahraga sepeda aktivitas 'berombongan'.

"Indonesia adalah negara yang 'sporty'. Anda sebagai orang Indonesia, banyak komunitas olahraga seperti yoga, sepeda, sepak bola, itu luar biasa bagaimana di Indonesia orang-orang suka melakukan olahraga bersama-sama," ujarnya saat ditemui di acara Grand Opening Decathlon Kota Kasablanka, Jumat (12/11/2021).

"Kadang (olahraga) untuk bermain, kadang untuk kebersamaan. Misalnya bersepeda, itu olahraga individu. Tetapi di Indonesia, itu menjadi olahraga kelompok, bukan individu," sambung Jeremy.

Gara-gara Corona

Jeremy meyakini, pandemi membuat banyak orang semakin paham perihal pentingnya menjaga kesehatan dengan berolahraga. Di matanya, antusiasme masyarakat Indonesia pada olahraga adalah hal yang lucu dan menyenangkan. Sebab ibarat tidak 'sehat sendirian', masyarakat Indonesia gemar menjadikan olahraga ajang 'sehat bersama-sama'.

"Itu lucu dan menyenangkan. Saya percaya pandemi, fakta di mana kita harus stay di rumah, tidak bekerja keluar dan menjadi malas, saya bisa lihat banyak orang berusaha melawan itu," beber Jeremy.

"Untuk menjaga badan tetap sehat, perlindungan maksimal dari penyakit, adalah dengan berolahraga. Kita bisa sangat melihat peningkatan olahraga. Saya tidak ada keraguan," sambungnya.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)