ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Des 2021 15:10 WIB

Lionel Messi Alami Gejala Gastroenteritis atau 'Flu Perut', Penyakit Apa Itu?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Paris Saint-Germains Argentinian forward Lionel Messi during the French L1 football match between Paris Saint-Germain (PSG) and LOSC Lille at the Parc des Princes stadium, in Paris, on October 29, 2021. (Photo by Bertrand GUAY / AFP) Ilustrasi Lionel Messi disebut alami gejala gastroenteritis atau 'flu perut'. Foto: AFP/BERTRAND GUAY
Jakarta -

Lionel Messi menderita gejala gastroenteritis sehingga tak bisa hadir latihan tim menjelang laga Paris-Saint Germain (PSG) vs Nice di Liga Prancis, Selasa (30/11/2021). Selain Messi, rekan senegaranya Leandro Paredes mengalami masalah serupa.

"Lionel Messi dan Leandro Paredes tidak berpartisipasi dalam sesi latihan hari ini karena gejala gastroenteritis," demikian laporan medis PSG, dikutip dari CBS Sports, Rabu (1/12/2021).

"Pembaruan akan diberikan besok pagi," sambungnya.

Apa itu gastroenteritis?

Dikutip dari Healthline, gastroenteritis adalah peradangan dan iritasi usu disebabkan oleh salah satu jenis virus, umumnya norovirus atau rotavirus. Penyakit ini juga sering disebut sebagai 'flu perut'.

Penyakit ini dapat menular dengan mudah melalui kontak dekat dengan orang yang terjangkit virus, atau melalui makanan dan air yang terkontaminasi.

Gejala gastroenteritis biasanya muncul segera setelah tubuh terinfeksi virus, namun gejala yang muncul dipengaruhi oleh jenis virus yang menjangkit. Misalnya pada infeksi norovirus, gejala berkembang dalam 12-48 jam. Sedangkan pada infeksi adenovirus, gejala mungkin baru muncul 3-10 hari setelah kontak dengan pasien.

Gejala umumnya berlangsung selama satu hingga 14 hari. Pada beberapa kasus, gejala sering muncul tiba-tiba selama satu atau dua jam. Gejala tersebut meliputi:

  • Diare lebih dari tiga kali sehari
  • Demam atau kedinginan
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala, nyeri otot, atau nyeri sendi
  • Berkeringat atau kulit lembab
  • Kram perut dan nyeri
  • Kehilangan selera makan

Apakah berbahaya?

Dikutip dari Medical News Today, amat penting untuk pengidap gastroenteritis senantiasa mencukupi kebutuhan air. Sebab pada komplikasi serius gastroenteritis, dehidrasi adalah tanda utama.

Konsumsi air putih perlu dibarengi makan seimbang dan istirahat cukup. Selain itu, hindari kopi, teh, dan cokelat lantaran bisa mengganggu perut.

Terutama pada bayi, balita, dan lansia yang memiliki sistem kekebalan tubuh tidak optimal, gastroenteritis wajib dikonsultasikan dengan profesional.



Simak Video "'Flu Perut', Penyakit yang Tak Ada Hubungannya dengan Virus Influenza"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT