ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Mar 2022 07:00 WIB

Dokter Jelaskan Gangguan Mata Marquez Usai Crash Horor MotoGP Mandalika

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 18: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team speaks in box during the qualifying practice during the MotoGP Of San Marino - Qualifying at Misano World Circuit on September 18, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Dokter ungkap kondisi Marc Marquez yang tengah mengidap diplopia. (Foto: (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Juara dunia MotoGP enam kali, Marc Marquez, mengalami kecelakaan mengerikan di sesi pemanasan Pertamina Grand Prix of Indonesia. Ia sebelumnya dibawa ke rumah sakit dan dinyatakan terkena gegar otak.

Pihak medis sempat memastikan kondisi Marquez baik-baik saja usai crash horor di MotoGP Mandalika, tetapi belakangan terungkap Marquez mengalami kerusakan saraf di mata dan masalah penglihatan ganda.

Dikutip dari MSN, Marquez mulai mengeluhkan masalah terkait penglihatannya sepulang dari Indonesia. Ia didiagnosis diplopia saat diperiksa di Barcelona.

Ini adalah kali kedua Marquez mengidap diplopia. Dalam postingan media sosial Marquez Selasa (22/3), ia mengaku kondisinya tidak terlalu parah dibandingkan November lalu.

Apa penjelasan dokternya?

Dokter mata Sanchez Dalmau yang sebelumnya juga menangani kondisi Marquez, menyebut pebalap 29 tahun itu harus menjalani pemeriksaan akhir pekan depan. Hal ini untuk mengevaluasi perkembangan cedera Marquez dan menentukan masa pemulihan.

"Evaluasi neuro-oftalmologi yang dilakukan pada Marc Marquez pada hari Senin setelah cedera kepala yang terjadi di Grand Prix Indonesia, menunjukkan episode baru diplopia yang disebabkan oleh kambuhnya kelumpuhan saraf kanan ke-empat, dengan keterlibatan yang lebih sedikit daripada yang sebelumnya. terjadi pada cedera pada November 2021," kata dr Dalmau.

"Setelah pemeriksaan ini, awalnya diputuskan untuk mengikuti pengobatan konservatif dengan tes kesehatan berkala," terang dokter mata Marquez.

"Pekan depan, Marc Marquez akan menjalani pemeriksaan baru untuk mengevaluasi evolusi cedera dan memprediksi perkiraan periode pemulihan untuk kembali ke kompetisi," pungkas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Marc Marquez mengaku seperti deja vu lantaran kembali merasa tak nyaman dengan penglihatan. Namun, ia bersyukur kondisinya tidak separah keluhan sebelumnya.

"Tapi sekarang saatnya untuk beristirahat dan menunggu untuk melihat bagaimana cedera itu berkembang. Seperti biasa, terima kasih banyak untuk semua orang atas dukungan kalian semua," sebut Marquez dalam akun Instagram pribadinya.

Lihat video 'Detik-detik Marquez Kecelakaan Highside di Mandalika':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT