Perlengkapan Main Sepatu Roda, Penting agar Tetap Aman Saat Meluncur

ADVERTISEMENT

Perlengkapan Main Sepatu Roda, Penting agar Tetap Aman Saat Meluncur

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Senin, 09 Mei 2022 06:00 WIB
Skating rollers and red helmet on the wooden boards. Top view with space for your text
Perlengkapan sepatu roda (Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen)
Jakarta -

Olahraga sepatu roda tengah menjadi perbincangan hangat di sosial media. Ini berkaitan dengan sekelompok pesepatu roda inline skate viral yang melaju kencang di jalanan ibukota.

Dalam video yang viral tersebut, mereka tampak berkelompok dan sebagian di antaranya anak-anak. Beberapa pengguna jalan raya tampak geram dan membunyikan klakson karena merasa terganggu.

Terlepas dari peristiwa tersebut, bersepatu roda khususnya inline skate sebenarnya merupakan olahraga yang menyehatkan. Namun demikian, keamanan selalu menjadi yang paling utama dalam olahraga apapun.

Selain memilih lokasi yang aman, perlengkapan penunjang keamanan atau protective gear juga penting untuk diperhatikan saat bermain inline skate maupun sepatu roda pada umumnya. Dikutip dari Kids Health, berikut perlengkapan yang sebaiknya dikenakan agar selalu sehat dan aman saat bersepatu roda:

Helm

Gunakan helm yang didesain khusus untuk inline skating atau skateboard. Bentuk helm Ini turun lebih rendah di bagian belakang, menuju dasar tengkorak, untuk perlindungan yang lebih baik jika jatuh ke belakang. Pastikan helm terpasang dengan benar. Dan selalu kencangkan tali pengikat dagu agar helm tidak lepas.

Sepatu roda

Sepatu roda harus nyaman, dengan dukungan pada bagian pergelangan kaki yang baik. Untuk memeriksa apakah sepatu roda memberikan dukungan yang dibutuhkan, rasakan plastik bootnya. Kalau bisa ditekan, bahannya kurang kuat. Selalu kencangkan sepatu roda.

Beberapa jenis inline skate memiliki desain yang spesifik sesuai peruntukannya. Pastikan memakai jenis inline skate yang cocok dengan medan yang akan dilalui.

Bantalan lutut, bantalan siku, dan pelindung pergelangan tangan

Ini membantu mencegah goresan pada kulit jika terjatuh. Selain itu bisa juga melindungi tulang jika jatuh.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT