ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 07:50 WIB

Ingin Banget Juara Balap Karung? Ini Latihan yang Paling Efektif

Alethea Pricila - detikHealth
Meski dilarang oleh Gubernur DKI Anies Baswedan, sejumlah warga di bantaran Banjir Kanal Barat (BKB), Jakarta, tetap nekat menggelar lomba tujuh belasan. Foto ilustrasi lomba balap karung. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Balap karung menjadi salah satu lomba yang paling banyak diminati di setiap peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus. Permainan ini umumnya memang bisa diikuti oleh usia anak hingga dewasa.

Permainan balap karung melibatkan kekuatan kedua kaki. Bahkan, belakangan, ada variasi baru lomba balap karung yaitu balap karung helm, yang dimainkan dengan cara jongkok kemudian lompat tetapi masih berfokus di kekuatan kaki.

Bagi yang ingin mengikuti balap karung, ada tips untuk melakukan latihan yang cukup terutama pada otot kaki. Hal ini terjadi karena lomba balap karung akan lebih sering menggunakan otot kaki.

"Otot-otot yang bekerja kan pastinya otot kaki bisa berupa quadriceps dan hamstringnya, jadi pada saat dia bikin tolakan itu, quadricepsnya kena. Dia balik lagi itu juga otot betis atau gastroc atau otot hamstringnya juga bekerja dengan baik. Tentunya juga waktu mereka melompat, untuk menstabilisasi pasti ada kekuatan dari otot-otot batang tubuh, jadi perut untuk menstabilisasi gerakan-gerakan itu," ucap dr Grace Joselini Corlesa, Sp.KO, MMR, kepada detikcom, di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Selasa (16/8/2022).

dr Grace mengingatkan bagi orang dewasa yang tidak terbiasa melakukan olahraga untuk melatih otot, perlu melakukan pemanasan untuk meminimalisir cedera.

"Pada usia dewasa, misal bagi orang-orang yang nggak aktif (olahraga), tentunya mungkin sebelum melakukan kegiatan paling nggak minimal ada pemanasan, gerak-gerak dulu karena biasanya tuh setelah abis kejadian ada otot-otot yang ketarik untuk yang nggak biasa latihan," ujarnya.

NEXT: Persiapan lomba balap karung.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Heboh Juru Bahasa Isyarat HUT Ke-77 RI Ikut Joget 'Ojo Dibandingke'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT