ADVERTISEMENT

Jumat, 16 Sep 2022 06:30 WIB

Viral 'Yoga Alien' Nauli Kriya Bikin Mules, Aman Nggak Sih?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Vacuum for the abdomen pulling. Close up photo part of the body of a young beautiful sports woman standing and performing the exercise of pulling the abdomen in black sportswear Yoga Nauli Kriya (Foto: Getty Images/iStockphoto/Liubomyr Vorona)
Topik Hangat Tren Yoga Alien
Jakarta -

Viral di TikTok sebuah gerakan atau teknik yoga yang disebut nauli kriya. Netizen penasaran karena gerakan yang juga disebut 'alien yoga' ini tampak sulit dilakukan dan terlihat menakutkan. Dalam video yang beredar, nauli kriya dilakukan dengan posisi yang agak membungkuk, dengan perut yang dikempiskan dan digerakan ke kiri dan ke kanan.

Bahkan tak sedikit netizen yang mempertanyakan keamanan melakukan gerakan ini. Dengan dikempiskan sedemikian kencang, apakah organ-organ di dalam rongga tubuh tidak tertekan?

Menurut instruktur yoga Astrid Amalia, gerakan nauli kriya ini sebenarnya memang ada manfaatnya. Teknik ini dilakukan untuk menguatkan otot perut dan organ di sekitarnya.

"Nauli kriya juga akan menguatkan otot perut dan organ di sekitarnya. Hal ini penting agar pencernaan lancar dan kekuatan otot perut kita dapat mendeteksi kapan kita lapar dan kapan kita kenyang dengan cara yang tepat," ujarnya dihubungi detikcom, Kamis (15/9/2022).

Astrid sendiri mengaku rutin melakukan gerakan nauli kriya. Menurutnya, pada level basic semua orang bisa melakukan gerakan ini dengan aman. Namun, pada level advance, nauli kriya harus dilakukan dengan bimbingan seorang Guru.

"Pada level basic yang mudah dan gampang dimengerti orang dilakukan dengan mengencangkan seluruh perut dan merilekskan perut. Setiap orang bisa melakukannya karena sangat mudah," ujarnya.

"Level advance hanya boleh dilakukan oleh yang sudah terlatih atau dipandu oleh Guru yang terlatih dan tepat. Level advance tidak boleh dilakukan oleh orang yang sedang sakit, punya problem kesehatan dan baru menjalani proses operasi," sambungnya.

Sementara itu Astrid menegaskan, orang yang ingin mencoba gerakan ini perlu pelatih atau pembimbing yang tepat. Jika dilakukan sembarangan, akan menimbulkan risiko seperti kram perut, pusing, mual, hingga muntah.

"Tanpa latihan yang tepat dan tanpa dipandu oleh pelatih yang tepat, maka risikonya adalah bahwa pelakunya akan terkena kram di perut, perih di perut, pusing, mual, muntah, diare dan semuanya risiko yang berhubungan dengan perut," pungkasnya.

NEXT: Pendapat Dokter

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dokter Ahli Pencernaan Bicara Efek ke Perut saat 'Yoga Alien' Nauli Kriya"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Tren Yoga Alien

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT