detikhealth

Berhenti Buka Medsos Atau Berhenti Merokok, Mana Lebih Menantang?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 06/01/2017 16:35 WIB
Berhenti Buka Medsos Atau Berhenti Merokok, Mana Lebih Menantang?Foto: thinkstock
Jakarta, Hingga titik tertentu, kencanduan media sosial punya kemiripan dengan kecanduan rokok. Keduanya sama-sama bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan, baik mental maupun fisik.

Sebuah penelitian di University of Pittsburgh mengaitkan kecanduan media sosial dengan risiko depresi. Seseorang yang mengakses 7-11 situs jejaring sosial punya risiko 3 kali lebih tinggi untuk mengalami masalah kejiwaan, termasuk depresi dan kegelisahan.

Menariknya, hasil survei terbaru di Thailand menyiratkan bahwa dampak tersebut dianggap sudah sangat mengkhawatirkan. Beberapa orang memasukkan rencana untuk berhenti atau membatasi akses ke media sosial, sebagai bagian dari resolusi tahun 2017.

Survei yang dilakukan oleh perusahaan pemasaran Bidvine.com tersebut menyebut 1 dari 10 orang (10 persen) berencana untuk berhenti menggunakan media sosial di 2017. Ironisnya, hanya 8 persen dari 1.500 responden yang menyatakan hendak berhenti merokok.

"Menarik bahwa orang-orang mulai menyadari efek negatif media sosial terhadap hidupnya dan berencana menghindari kebiasaan modern ini di 2017," kata Sohrab Jahanbani, CEO Bidvine.com seperti dikutip dari Mirror.

Baca juga: Beda Pendapat, 'Unfriend' Nggak Ya? Pikirkan Untung Ruginya Bagi Kesehatan

Indikasi masalah kejiwaan antara lain ditandai dengan fenomena saling unfriend di jejaring sosial seperti Facebook. Resah dengan perbedaan pendapat yang disertai dengan saling sindir maupun saling serang, beberapa pengguna media sosial memilih untuk unfriend agar bisa menjalani hidup dengan lebih damai.

Peredaran hoax dan situs palsu juga membuat pengguna sosial media semakin tidak nyaman. Informasi-informasi yang meresahkan banyak beredar di media sosial, meski kebenarannya seringkali tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Baca juga: Hoax Kesehatan yang 'Basi Banget' Kalau Masih Muncul Lagi di 2017

Di kalangan remaja, kecanduan medsos juga jadi masalah lho. Simak videonya:


(up/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit