Sabtu, 08 Jan 2022 05:55 WIB

7 Cara Menjinakkan Ereksi Spontan, Mr P Berdiri di Saat Tak Tepat

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Banana as a symbol of male penis in hand on a yellow background hidden by censorship. Sexual masturbation and orgasm, impotence problem. Self-pleasure concept. Ereksi pagi hari (Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrii Zastrozhnov)
Jakarta -

Biasanya pria akan mengalami ereksi saat menerima rangsangan seksual, namun nyatanya ereksi juga bisa terjadi secara mendadak bahkan di saat yang tidak tepat. Hal ini tentu membuat pria dihantui rasa khawatir dan malu ketika penis berdiri secara tiba-tiba.

Sebenarnya, rangsangan seksual bukan satu-satunya alasan yang membuat penis bisa ereksi. Pengaruh obat, hormon, dan juga emosi, bisa memicu kondisi tidak diharapkan yang sering disebut sebagai ereksi spontan.

Secara alamiah dan normal, penis umumnya mengeras pada pagi hari sekalipun tidak ada rangsangan apapun. Namun, bagaimanapun ereksi spontan bisa saja mengganggu kenyamanan terlebih jika terjadi pada saat yang tidak tepat.

Pria tak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk menghentikan ereksi yang tidak dikehendaki ini. Dikutip dari Medical News Today, berikut informasinya.

1. Menunggu dengan tenang

Cara sederhana untuk mengatasi ereksi yang tidak diinginkan adalah dengan menunggu sampai hilang. Lakukan cara berikut ini:

  • Duduk
  • Bernapas perlahan
  • Tetap tenang

Untuk mengurangi rasa malu jika ereksi terjadi secara tiba-tiba di tempat umum, kamu bisa menutupi dengan jaket panjang, kemeja, atau laptop.

2. Alihkan perhatian

Umumnya ereksi spontan akan mereda dengan sendirinya, hanya soal waktu. Makin dipikirkan, tentu akan semakin mengganggu. Dalam kondisi demikian, mengalihkan perhatian dengan menyibukkan pikiran mungkin bisa membantu.

3. Atur posisi

Jika ereksi spontan tidak kunjung mereda, maka hal itu bisa disamarkan dengan mengatur posisi yang tepat agar tidak terlihat mencolok. Saat duduk misalnya, bisa disamarkan dengan menyilangkan kaki.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat juga merupakan salah satu cara untuk membantu menghentikan ereksi. Mandi air hangat dapat membantu seseorang rileks dan mengurangi gairah. Ini juga dapat mempermudah buang air kecil, yang dapat membantu menghilangkan ereksi.

5. Meditasi

Meditasi dapat membantu menghentikan ereksi serta menyingkirkan seseorang dari pikiran yang bisa membangkitkan. Untuk mencoba meditasi, seseorang harus:

  • Bernapas perlahan dan dalam
  • Fokus pada suara napas
  • Coba mengulangi kata atau frasa untuk memfokuskan pikiran
  • Hilangkan pikiran yang mengganggu, kemudian fokus kembali pada suara napas

Apabila ingin mengandalkan meditasi untuk menghilangkan ereksi, ada baiknya mempraktikkannya sepanjang hari.

6. Peregangan

Masih terkait peredaran darah, peregangan ringan kadang-kadang cukup efektif mengatasi ereksi yang tidak dikehendaki. Coba regangkan otot-otot di area paha, lakukan beberapa kali hingga peredaran darah lebih terkontrol.

7. Olahraga ringan

Beberapa pria menemukan bahwa olahraga ringan dapat membantu menyingkirkan ereksi. Jogging dan bersepeda adalah latihan sederhana yang bisa dicoba.



Simak Video "Mahkamah Agung AS Batalkan Aturan Legal Aborsi, Dirjen WHO Kecewa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)