Minggu, 10 Apr 2022 18:31 WIB

Nggak Susah Ternyata, Ini Tips Menunda Hasrat Bercinta Saat Puasa

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Ilustrasi seks Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Tidak hanya soal makanan, menjalankan puasa juga berarti melatih diri untuk menahan nafsu dalam bentuk lain. Bagi beberapa orang, menahan nafsu seksual saat bulan puasa bahkan mungkin lebih sulit dibandingkan dengan menahan lapar.

Pada acara daring e-Life: "Tahan Dulu Ya Sayang, Kita Masih Puas!" Jumat (08/04), Zoya Amirin, MPsi, FIAS, seksolog klinis menyarankan pasutri untuk bisa mengelola hasrat seksual dengan menghindari pemicunya.

"Hindari pemicunya seperti tontonan, audio atau bahkan media sosial yang dapat menjadi pemicu munculnya hasrat seksual." tuturnya.

Ia juga mengibaratkan hal tersebut dengan saat seseorang iseng menghampiri kulkasnya di tengah berpuasa dan kemudian muncul sebuah godaan untuk makan.

Tetapi, ada saja orang yang tidak memiliki pemicu. Hasrat bisa muncul ketika saat sedang melihat pasangan yang melakukan kegiatan sehari-hari.

"Nah, kalau hal-hal seperti itu, apa yang harus dilakukan? Cara mengelolanya adalah dengan cara masuk ke kamar atau ke toilet kalo lagi di tempat umum, tapi pokoknya menyepi dulu, tarik napas sampe 10 kali," kata Zoya.

Zoya menjelaskan bahwa dengan bernafas dengan tenang sebanyak 10 kali jantung yang yang tadinya berdebar karena munculnya hasrat akan hilang dan mengikuti nafas yang tenang.

Setelah tenang, Zoya menyarankan untuk melakukan acceptance atau penerimaan. Caranya dengan mengatakan bahwa rasa nafsu yang timbul ketika melihat pasangan merupakan suatu hal yang wajar karena itu dapat diartikan sebagai rasa sayang.



Simak Video "Jangan Sembarangan Bercinta di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(Dzihni Ismah Hanifah/vyp)