Bukan Langsung Tidur! Ini 7 'Ritual' yang Harus Wanita Lakukan Habis Bercinta

ADVERTISEMENT

Bukan Langsung Tidur! Ini 7 'Ritual' yang Harus Wanita Lakukan Habis Bercinta

Fitriana Fatmawati - detikHealth
Rabu, 18 Jan 2023 05:00 WIB
ilustrasi
Ilustrasi bercinta. (Foto: Dok.Detikcom)
Jakarta -

Bersantai dengan pasangan pasca melakukan seks dapat membantu memperkuat hubungan satu sama lain. Namun bagi wanita, amat penting untuk memberikan perhatian dan perawatan pada area Miss V setelah bercinta. Salah satunya, dengan langkah sesimpel buang air kecil.

Saat seseorang mengalami gairah seksual, tubuh akan mengeluarkan cairan yang mengandung bakteri, yang dapat ditularkan ke orang lain melalui darah, sperma, vagina, dan cairan tubuh lainnya. Ini merupakan sumber infeksi menular seksual (IMS) atau penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum.

"Salah satu aspek penting dalam berhubungan seks dengan pasangan Anda adalah memahami apa yang harus diperhatikan setelah tindakan. Sangatlah penting untuk menghindari masalah jangka pendek dan jangka panjang," ujar dr Manjiri Mehta, Konsultan Ginekolog, Rumah Sakit Hiranandani, Vashi.

Dikutip dari Health Shots, berikut ini hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari pasca berhubungan seks untuk menjaga kebersihan organ bawah.

1. Buang Air Kecil

Baik wanita maupun pria, keduanya harus memastikan untuk buang air kecil setelah berhubungan. Buang air kecil membantu membuang kuman yang nantinya dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Jangan lupa untuk meminum banyak air.

2. Bersihkan Vagina

Membersihkan bagian pribadi dengan lembut, gunakan air hangat dan sabun esensial. Jangan gunakan air panas, sabun yang beraroma, serta produk berbahan kimia apa pun untuk membersihkan vagina.

Cukup bersihkan bagian luar (vulva), tidak perlu douche (membersihkan bagian dalam vagina) dengan keras, karena vagina memiliki mekanisme untuk membersihkan dirinya sendiri. Selain itu douching hanya akan meningkatkan risiko potensi infeksi.

3. Ganti Pakaian Dalam

Ganti pakaian dalam yang baru karena pakaian dapat ternodai oleh cairan tubuh yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, pakai celana dalam berbahan katun karena dapat mudah menyerap keringat.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT