Kamis, 16 Jan 2020 07:05 WIB

True Story

Kegalauan Pejuang OCD, Ingin Berobat Tapi Takut Kecanduan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Obat apapun akan berbahaya kalau disalahgunakan, dan akan bermanfaat kalau digunakan sesuai tujuan dan dosis terapi. (Foto: iStock)
Jakarta - Ketika browsing OCD (Obsessive Compulsive Disorder) di Google bakal tertulis ini kondisi yang 'common' alias umum. Tapi kenapa ya rasanya sulit ketika mencoba mencari teman-teman yang punya masalah serupa?

Sampai akhirnya setelah terdiagnosis dan banyak baca soal OCD, saya jadi sadar teman saya punya masalah 'tipe checker' mirip tanda OCD. Saya pun menyarankan dia ke psikiater namun entah kenapa dia menolak banget.

Ya itu memang pilihan sih, senyamannya saja untuk pilih pakar mana yang mau dicari saat butuh bantuan. Cuma beberapa orang yang saya tanya kebanyakan sih orang merasa takut ketergantungan sama obat dari psikiater.

Lah emang nyatanya gimana sih, apa iya bisa bikin sebegitu ketergantungannya ketika sudah konsumsi obat dari psikiater?


Saya yang penasaran pun memanfaatkan jaringan yang saya punya selama kerja jadi kuli ketik di bagian kesehatan. Langsung saya hubungi dr Hari Nugroho peneliti dari Institute of Mental Health, Addiction & Neuroscience (IMAN). Saya pun menanyakan langsung via WA (Whatsapp): 'Dok, emang kalau minum obat untuk atasi OCD dari dokter bisa bikin ketergantungan ya?'

"Nggak kok, asal sesuai dosis indikasi dan rajin kontrolnya," jawab dia.

Saya pernah kepikiran sih takut ke psikiater karena nanti jadi candu bagaimana? Tapi setelah saya pikir-pikir, nah itulah gunanya kalian ke dokter agar memastikan kalian nggak salah jalan dalam berobat.



NEXT >> Kenali Obatmu!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Netizen Saling Beri Semangat, #WorldMentalHealthDay Puncaki Trending"
[Gambas:Video 20detik]