Rabu, 11 Feb 2015 10:06 WIB

Sindrom Pra-Menstruasi

PMS Menjelang Haid, Apa Sih Penyebabnya?

Yulida Medistiara - detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Premenstrual syndrome atau PMS kerap dialami beberapa wanita sebelum haid. Mulai dari nafsu makan meningkat hingga mudah marah-marah menjadi gejala PMS. Lantas, sebenarnya apakah penyebab PMS ini?

"Perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron adalah salah satu penyebab terjadinya PMS. Walaupun kadar hormon pada wanita PMS ditemukan sama dengan wanita tanpa PMS," terang dr Hari Nugroho SpOG saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (11/2/2015).

Tetapi, lanjut dokter yang praktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya ini, wanita dengan PMS mempunyai respons abnormal terhadap perubahan hormonal. Nah, terkait mekanismenya dr Hari menuturkan didapatkan bukti yang berhubungan dengan perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron.

Baca juga: Nyeri dan Emosi Tak Stabil Saat PMS? Bisa Jadi Kurang Zat Besi

"Perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron mengakibatkan perubahan bermakna pada sistem opioid, GABA dan serotonin. Perubahan inilah yang mengakibatkan berbagai keluhan yang terjadi selama PMS," lanjut dr Hari.

Sementara itu, dr Gde Suardana, SpOG dari RSAB Harapan Kita menuturkan faktor peningkatan insulin bisa menyebabkan timbulnya PMS pada beberapa wanita.

"Hormon insulin merupakan hormon yang memecah gula (glukosa) di dalam darah manusia, sebenarnya kadar darahnya normal tapi karena terjadi peningkatan insulin kadar gula darahnya turun jadi lapar," papar dr Gde.

Sehingga, peningkatan hormon insulin ini bisa memicu munculnya gejala sering merasa lapar. dr Gde menambahkan, jika yang bersangkutan tidak mengonsumsi makanan manis atau yang mengandung gula bisa saja ia berisiko bisa pingsan dan berkeringat dingin.

Baca juga: Uring-uringan karena PMS? Begini Cara Mengatasinya

(rdn/up)