Rabu, 15 Jul 2015 09:05 WIB

Fit Saat Idul Fitri

Kelelahan Saat Mudik Bisa Bikin Sakit Saat Lebaran, Begini Menghindarinya

Kirana Aisyah - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Kelelahan bisa menjadi penyebab seseorang rentan sakit lantaran daya tahan tubuhnya menurun. Tak cuma itu, kelehan bisa menjadi penyebab kecelakaan. Karena itu, jangan sepelekan saat tubuh memberi alarm kelelahan.

Menurut dr Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayoran, penyebab kelelahan saat mudik yang peling sering adalah karena kurang tidur. Apalagi sejumlah penelitian menyebut dari tahun ke tahun,
penyebab nomor satu kecelakaan adalah karena mengantuk.

"Harus disadari bahwa konsentrasi, kewaspadaan, dan kemampuan refleks hanya didapatkan dengan kualitas tidur yang baik, tidak ada satu pun zat yang dapat menggantikannya," ujar dr Andreas dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (15/7/2015).

Baca juga: Terjebak Macet di Dalam Mobil? Lakukan Peregangan Agar Otot Tak Pegal

Karena itu, bagi yang hendak mudik ada baiknya mencukupi kebutuhan waktu tidur. Untuk orang dewasa, waktu tidur ideal adalah 7-9 jam. Sedangkan bagi anak-anak adalah 10-12 jam.

dr Andreas juga menyarankan bagi mereka yang mudik dengan mengendarai kendaraan sendiri, sebaiknya tidak dilakukan di jam-jam tidur. Karena studi menunjukkan bahwa berkendara saat mengantuk, sama bahayanya dengan mengendara dalam kondisi mabuk.

"Bisa saja mudik di malam hari tapi di siang harinya tidur cukup, namun tidak boleh terlalu sering karena tubuh kita sudah punya jam biologisnya masing-masing," pesan dr Andreas.

"Yang paling penting saat mudik jangan pernah sekali-sekali mengantuk. Di Eropa terdapat peraturan dilarang menguap saat mengemudi, bahkan akan ditahan polisi. Karena menguap adalah indikasi mengantuk," imbuhnya.

Baca juga: Ini Dia Caranya Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Macet

Sepintas, tidur memang tampak seperti kegiatan yang tidak produktif. Tapi perlu diingat, dasar dari kualitas hidup manusia adalah dari kualitas tidurnya. Nah, jika Anda berencana mengendarai kendaraan sendiri saat mudik, jangan andalkan produk-produk pembangkit stamina. Lebih baik Anda tidur lebih dahulu sebelum memulai perjalanan.

Jika merasa mengantuk atau lelah di tengah perjalanan, sebaiknya segera pinggirkan kendaraan. Tidur dan beristirahatlah untuk sesaat. Jangan memaksakan diri untuk segera tiba di kampung halaman namun mengesampingkan keselamatan.

"Kalau tidak ada tempat untuk menginap, disarankan untuk minum kopi, tapi setelah itu tidur sekitar 15-20 menit. Kafein akan memberikan efek segar, tapi baru bekerja setelah 30 menit. Jadi setelah tidur selama beberapa menit, efek segar yang didapat akan double, dari kafein dan dari tidur," kata dr Andreas memberikan saran.

(vit/up)