Selasa, 28 Des 2021 15:03 WIB

Sudah Ada Transmisi Lokal Omicron di DKI, Pakai Masker Dobel Masih Efektif?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Pemandangan tak biasa terlihat di jalanan Beijing, China. Seorang warga mengenakan masker sampai dua sekaligus saat beraktivitas di luar rumah. Ini fotonya. Ilustrasi penjelasan dokter soal efektivitas masker dobel cegah paparan varian Omicron. Foto: AP Photo/Ng Han Guan
Jakarta -

Kementerian Kesehatan baru saja mengumumkan temuan transmisi lokal varian Omicron. Mengingat varian ini menular lebih cepat dibandingkan varian Delta, varian yang diketahui memicu lonjakan kasus COVID-19 besar-besaran di RI pada Juli lalu, efektifkah penggunaan masker dobel mencegah paparan varian Omicron?

Menjawab pertanyaan tersebut, Campaign Director Gerakan Pakai Masker, dr Grace Hananta, menyebut penggunaan masker dobel masih amat relevan untuk mencegah risiko paparan virus Corona, termasuk varian Omicron. Ia juga menyinggung cepatnya penularan varian Omicron sehingga penggunaan masker amat penting untuk mencegah transmisi virus.

"Penggunaan masker ganda akan sangat relevan karena kita tahu transmisi virus Omicron melalui droplet tapi juga ada yang kecil-kecil terbang lewat udara yang sangat bisa menular melalui hidung, mulut, dan mata," ujarnya dalam diskusi daring, Selasa (28/12/2021).

"Tapi yang paling penting adalah supaya kita menjaga diri kita dari droplet-droplet yang terbang di udara atau lawan bicara yang berada dekat kita dengan memakai masker," sambungnya.

Masker dobel bisa menggunakan masker medis pada bagian dalam, kemudian masker kain pada bagian luar. Menurut dr Grace, penggunaan masker dobel ini berfungsi merapatkan masker dan meningkatkan perlindungan.

"Masker medis di bagian dalam dan masker kain di bagian luar akan membuat masker terpasang lebih rapat, meningkatkan tingkat proteksinya," pungkas dr Grace.



Simak Video "Omicron Masuk RI, Ketua Satgas IDI Singgung Karantina 'Rp 40 Juta'"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)