Minggu, 09 Jan 2022 05:30 WIB

Round Up

Fakta Terbaru Omicron RI: Total 318 Kasus, Terbanyak dari Turki-Arab Saudi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
wooden blocks with the word omicron surrounded by wooden figurines as symbol for covid-19 crisis Sudah ada 318 kasus varian Omicron di Indonesia (Foto: Getty Images/iStockphoto/Thomas Stockhausen)
Jakarta -

Indonesia kembali mencatatkan tambahan 57 kasus baru varian Omicron, Jumat (7/1/2022). Total hingga saat ini ada 318 kasus varian Omicron di Indonesia, sebagian besar merupakan kasus impor dari pelaku perjalanan luar negeri.

Fakta lain yang penting untuk dicatat adalah sebagian besar pasien sudah mendapatkan vaksinasi lengkap, dan karenanya hanya mengalami gejala ringan atau bahkan tidak bergejala. Seluruh pasien menjalani isolasi terpusat.

Tercatat sebanyak 4,3 persen pasien Omicron di Indonesia memiliki penyakit komorbid seperti diabetes mellitus dan hipertensi. Sebanyak 1 persen membutuhkan terapi oksigen.

Beberapa fakta terkait perkembangan Omicron di Indonesia terangkum sebagai berikut, dikutip dari siaran pers Kementerian Kesehatan RI:

1. Sudah 318 kasus

Dengan tambahan 57 kasus pada Jumat (7/1/2022), total kasus Omicron di Indonesia menjadi 318 kasus. Sebanyak 97 kasus didominasi pelaku perjalanan luar negeri dan berasal dari Provinsi DKI Jakarta.

2. Gejala

Sebagian besar pasien mengalami gejala ringan atau bahkan tidak bergejala. Di antara gejala yang muncul, terbanyak adalah batuk dan pilek.

3. Negara Asal

Hingga saat ini, tercatat 295 kasus merupakan imported cases dan ada 23 kasus yang merupakan local transmission. Dari kasus impor yang tercatat, paling banyak berasal dari Turki dan Arab Saudi.

4. Status vaksinasi

Kementerian Kesehatan RI menyebut, sebagian besar pasien Omicron di Indonesia sudah mendapatkan vaksinasi lengkap. Dengan gejala yang relatif lebih ringan, ini diartikan bahwa vaksinasi dapat mengurangi tingkat keparahan akibat COVID-19.



Simak Video "Satgas Laporkan Tingkat Kepatuhan Prokes Warga Masih Naik-Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)