Selasa, 01 Feb 2022 07:25 WIB

Kata dr Boyke Soal 'Husband Stitch', Jahitan Viral untuk Bikin Miss V Rapat Lagi

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Istilah 'husband stitch' ramai jadi perbincangan warganet, khususnya di linimasa Twitter. Bermula dari cuitan terkait jahitan 'ekstra' diberikan pada wanita yang baru melahirkan untuk merapatkan kembali vagina, yang konon dilakukan tanpa persetujuan wanita. Hanya 'tektokan' suami dan dokter, tak lain demi kepuasan syahwat suami.

Pakar seks dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS, menegaskan prosedur 'husband stitch' hanya dapat dilakukan atas izin wanita yang melahirkan. Pasalnya, sudah menjadi kewajiban dokter untuk memberikan keterangan sejelas-jelasnya perihal tindakan yang bakal dilakukan. Kecuali, wanita dalam keadaan tidak sadar.

"Salah (husband stitch dilakukan tanpa persetujuan wanita). Meski pun itu vagina digunakan oleh suami, nomor satu izin itu dari dirinya sendiri kecuali dia nggak sadar. Kecuali dia sudah nggak sadar misalnya dibius," terangnya saat ditemui detikcom di Jakarta Selatan, Senin (31/1/2022).

"Makanya tugas dokter itu ketika akan melakukan tindakan-tindakan, apalagi persalinan normal, penjelasan yang lengkap itu mesti jelas ke istrinya," sambungnya.

dr Boyke menjelaskan, jahitan memang dilakukan pada wanita yang melahirkan untuk memulihkan perineum vagina yang terkadang sobel dalam proses persalinan. Akan tetapi pada kasus husband stitch, jahitan ditambah-tambah dengan tujuan menyempitkan vagina, bahkan lebih sempit daripada sebelum melahirkan.

Ia juga menegaskan, prosedur husband stitch ini bisa menimbulkan efek samping berupa nyeri saat berhubungan seks, pendarahan, hingga infeksi.

"(Jahitan) tujuannya sebenarnya bukan husband stitch, tapi mengembalikan perineum vagina seperti semula. Karena pada persalinan normal nggak mungkin vagina bisa lewat tanpa bantuan robekan," jelas dr Boyke.

"Makanya supaya robekannya itu tidak sampai robek ke anus, biasanya episiotominya lateral jadi kepinggir kita jahit. Tapi kalau yang di husband stitch ini, selain dijahit itu ditambah jahitannya supaya lebih sempit. Sebenarnya nggak guna juga," imbuhnya.

Lantas, etiskah husband stitch dilakukan tanpa persetujuan wanita? Jangankan urusan husband stitch, wanita yang bakal menjalani prosedur melahirkan caesar pun bakal diberikan penjelasan lengkap lebih dulu terkait tindakan dan risikonya. Simak penjelasan dr Boyke lebih lanjut di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2